Jumat, 16 Desember 2011

Konsep Sistem Informasi



@gerrychang                                                                                   GERRY(1401105652 01-PHM)

SESSION 01

-          Latar belakang yang memotivasi Anda untuk mengambil jurusan ini.
Latar belakang saya mengambil jurusan Sistem Informasi adalah karena di jurusan ini saya dapat belajar dua bidang sekaligus dalam satu jurusan, yaitu ilmu komputer dan management. Tentunya hal ini sungguh sangat menarik dan tidak mengeluarkan biaya yang lebih serta cukup efisien. Selain itu jurusan Sistem Informasi di Binus University memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik dan memiliki prasarana dan sarana yang sangat lengkap serta berteknologi tinggi.

-          Harapan Anda setelah menyelesaikan seluruh materi mata kuliah ini.
Harapan saya setelah menyelesaikan seluruh materi mata kuliah ini adalah dapat memahami, mengerti dan selalu mengingat semua materi yang telah saya dapat dengan baik dari teori maupun cara pengaplikasikannya ke dalam kehidupan kerja yang nantinya yang akan saya geluti dan memudahkan saya untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang ada.

-          Hambatan yang mungkin Anda hadapi dalam mengikuti mata kuliah ini.
Hambatan yang saya hadapi dalam mengikuti mata kuliah ini berasal dari diri saya sendiri seperti sulit memahami materi, menurunnya minat belajar dan kurang konsentrasi terhadap materi yang diajarkan. Selebihnya tidak ada, namun saya akan tetap berusaha untuk rajin belajar dan memperhatikan cara belajar saya agar dapat memahami materi dengan baik.

-          Strategi atau upaya Anda untuk lulus mata kuliah ini.
Strategi saya agar dapat lulus dalam mata kuliah ini adalah dengan mencari cara yang tepat dari setiap kendala yang saya hadapi. Saya harus memiliki motivasi belajar dan tujuan yang baik. Selain itu saya harus berusaha dan belajar yang tekun. Saya harus rajin mencari informasi dari berbagai sumber.

-          Bagaimana jika Anda gagal kursus ini.
Apabila ternyata saya tidak berhasil dalam mata kuliah ini, maka yang harus saya lakukan adalah melihat lagi apa yang menjadi penyebab dari ketidakberhasilan ini. Dengan mengetahui dan menyadari kesalahan tersebut saya akan berusaha untuk memperbaiki dan mencoba mengulang kembali materi kuliah ini pada semester pendek dengan meningkatkan kualitas belajar saya.



SESSION 02

1. Bagaimana teknologi informasi mendukung proses bisnis perusahaan dan pengambilan keputusan serta keunggulan kompetitif? Berikan contoh untuk mengilustrasikan jawaban Anda.
Teknologi informasi pada era globalisasi seperti pada saat ini sangat mendukung proses bisnis pada hampir seluruh perusahaan agar menjadi lebih efektif dan efisien. Melalui berbagai kemudahan dari cara perusahaan berinteraksi dengan customer maupun seluruh relasi yang terkait dengan bisnisnya. Teknologi informasi juga membantu dan mendukung para top manager dalam pengambilan keputusan manajerial dan kerjasama antar kelompok kerjanya, hingga dapat memperkuat posisi kompetitif dalam proses bisnis yang cepat sekali berubah. Hal ini berlaku ketika teknologi informasi digunakan untuk mendukung dalam pengembangan sistem yang dihasilkan seperti e-commerce dan e-business atau aktivitas bisnis lainnya. Teknologi infomasi dipakai dalam sistem informasi organisasi untuk menyediakan informasi bagi para pemakai dalam rangka pengambilan keputusan.
Sebagai contoh dukungan teknologi informasi pada proses bisnis yaitu pada perusahaan-perusahaan yang tergantung pada situs website. Dimana untuk menarik, menjual dan melayani para pelanggan mereka, hingga proses bisnis seperti akuntansi kantor, sistem persediaan gudang dan lainnya didukung oleh teknologi informasi. Tujuan utama yang dicapai perusahaan melalui pemanfaatan teknologi dan sistem informasi adalah peningkatan kualitas produk dan pelayanan serta kecepatan proses bisnis.


2.   Bagaimana penggunaan internet, intranet, dan extranet oleh perusahaan saat ini mendukung proses usaha dan kegiatan?
·         Internet merupakan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem operasi dan mesin. Dalam proses usaha suatu perusahaan dapat menggunakan salah satu keunggulan dari internet yaitu E-commerce ( Internet Commerce, Ecom atau Immerce ) yang artinya membeli atau menjual secara elektronik, pemasangan iklan, penjualan , serta pelayanan pada sebuah web shop 24 jam bagi para pelanggan  dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan internet. Intinya dapat dikatakan bahwa melalui e-commerce, suatu perusahaan telah menggunakan sistem pembelian dan penjualan barang dan jasa dengan menggunakan jasa komputer online di internet kepada seluruh pelangggannya.
·         Intranet merupakan sebuah komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data. Dalam proses usaha yang menggunakan intranet, kita dapat menemui usaha warung internet ( warnet ).
·         Extranet merupakan jaringan pribadi yang merupakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur, penjual, mitra, pelanggan dal lain-lain. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI ( Elektronic Data Interchange ), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Perusahaan yang memiliki internet, extranet dan intranet dapat berkolaborasi dengan perusahaaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain. Sehingga dapat membantu proses bisnis suatu perusahaan.

3.      Mengapa sejumlah perusahaan besar masih gagal dalam menggunakan teknologi informasi?
Karena kurangnya penyelarasan antara teknologi informasi dan strategi bisnis yang ada dalam perusahaan yang bersangkutan. Hal ini juga dapat disebabkan dengan rendahnya kualitas SDM pada perusahaan yang bersangkutan yang masih rendah dan kurang bertanggung jawab terhadap pekerjaan mereka masing-masing.

4.      Bagaimana seorang manajer mendemonstrasikan bahwa dia adalah pengguna sistem informasi yang bertanggung jawab? Berikan beberapa contoh.
Seorang manajer dapat mendemontrasikan bahwa dirinya adalah pengguna sistem informasi yang bertanggung jawab dengan melakukan pengambillan keputusan dan kebijakan melalui pemikiran, pertimbangan serta memperhitungkan segala aspek yang mendukung proses bisnis perusahaan dengan bantuan teknologi informasi yang digunakannya.  Dengan demikian dia harus memikirkan semua akibat dari segala keputusan yang dijalankan dalam sistem teknologi informasi perusahaan.
Contohnya seorang manajer bisnis tidak akan menetapkan perubahan kebijakan dalam jumlah yang besar tanpa memahami kebijakan yang ada serta masalah apa saja yang akan terjadi bila sistem informasi tersebut tidak dapat dijalankan.




SESSION 03

1.       Misalkan Anda seorang manajer diminta untuk mengembangkan e-business dan aplikasi e-commerce untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dalam pasar yang penting bagi perusahaan Anda. Apa pemesanan yang mungkin Anda lakukan?
Dalam mengimplementasikan dan mengembangkan dari e-business dan e-comercce, terlihat jelas bahwa meraih keuntungan kompetitif jauh lebih muda dibandingkan mempertahankannya. Sehingga seorang manajer harus mampu mendukung mempertahankan keuntungan tersebut. Seorang manajer dapat melakukan berbagai cara yakni menginovasikan  perkembangan sistem teknologi informasi perusahaan melalui referensi dari perusahaan lain yang telah sukses, selain itu di dalam e-business perusahaan harus mampu melayani pelanggan selama 7 hari dan 24 jam sehari karena jika tidak maka dengan mudah kompetitor menyaingi perusahaan tersebut. Selain itu, seorang manajer juga harus mengarahkan perusahaan untuk bekerja sama dengan mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif agar lebih familiar di pasaran dan menjadi lebih berkembang. Maka dari itu sebuah perusahaan dianjurkan untuk memperhatikan aspek customer service, price, quality, fulfillment time, agility, time to market, dan market reach.

2.       Bagaimana pengaruh investasi bisnis berteknologi informasi dalam rangka membangun kemampuan TI strategis yang berfungsi sebagai penghalang terhadap pendatang baru ke pasar-pasarnya?
Ada 3 Faktor yang mempengaruhi keputusan investasi bisnis dalam teknolgi informasi, antara lain :
·         Tipologi strategi kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap respon strategi perusahaan. Jika ditinjau dari investasi teknologi informasi, tipologi strategi kompetitif tersebut merespon perusahaan untuk melakukan langkah-langkah strategik, sehingga perusahaan berhubungan dengan perannya dalam menjadikan teknologi informasi sebagai bagian dari respon strategik menghadapi persaingan global. Langkah-langkah yang dilakukan diantara sejumlah keputusan investasi terkait dengan penggunaan teknologi informasi.
·         Kematangan teknologi informasi berpengaruh terhadap respon strategik perusahaan dalam menghadapi globalisasi yang berhubungan dengan perannya dalam menjadikan teknologi informasi sebagai bagian dari respon strategik perusahaan menghadapi perdagangan bebas.
Ukuran perusahaan yang mempengaruhi perilaku perusahaan dalam merespon lingkungan barunya. Perusahaan besar lebih inovatif karena kemampuannya untuk menanggung resiko yang lebih besar.
·         Pengembangan modal yang mempengaruhi perbaikan monitoring teknologi informasi serta pengurangan spesifikasi hubungan yang ada dalam koordinasi eksplisit, sehingga perusahaan akan melakukan investasi dalam teknologi informasi untuk melakukan koordinasi antar perusahaan tanpa dikuatirkan oleh adanya resiko transaksi yang tinggi.

3.       Bagaimana mungkin sebuah teknologi penggunaan bisnis internet untuk menjadi perusahaan virtual atau pesaing gesit?
Untuk menjadikan sebuah perusahaan virtual melalui teknologi internet, terdapat strategi kompetitif dasar yakni gunakan teknologi informasi untuk menurunkan biaya pelanggan, menggunakan berbagai fitur teknologi informasi untuk mengurangi keunggulan differensiasi para pesaing, kembangkan sistem informasi antar perusahaan yang mendukung internet dan extranet dan mendukung hubungan bisnis strategis dengan para relasi serta menggunakan teknologi informasi secara luas dalam sistem manajemen pengetahuan untuk mendukung pembuatan dan penyebaran pengetahuan bisnis. Dengan demikian, walaupun sebuah perusahaan melakukan proses bisnis baru namun memiliki kesempatan untuk bersaing dan bahkan berada pada posisi lebih tinggi dibandingan dengan perusahaan lain karena dapat memanfaatkan teknologi informasi dan memiliki sistem bisnis yang tepat.

4.       Kunjungi www.dell.com dan www.hilton.com.
Lacak sejumlah situs web dan layanan e-commerce mereka.
a.       Website yang menurut Anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada Anda sebagai calon pelanggan? Jelaskan.
Menurut saya website yang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada saya yaitu www.hilton.com. Karena website ini memiliki informasi yang lebih signifikan dan mempunyai kolom pencarian dengan data yang lengkap. Selain itu dari cara transaksi website ini lebih efisien sehingga lebih memudahkan pelanggan awam untuk melakukan pemesanan.  Walaupun antara kedua website ini memiliki interface atau tampilan design  yang sama-sama atraktif dan bagus.

b.      Bagaimana mungkin pembuat situs seperti meningkatkan desain dan strategi pemasaran untuk menawarkan layanan yang lebih kepada pelanggan mereka dan yang prospektif? Jelaskan.
Pembuat situs atau website pasti mengharapkan website yang mereka buat dapat dilihat dan menarik minat calon pelanggan. Dengan demikian barulah terjadi proses bisnis dalam pemanfaatan teknologi informasi seperti e-business dan e-commerce. Oleh karena itu, selain meningkatkan strategi pemasaran yang dirancang dengan tepat, website itu sendiri harus memiliki tampilan yang bagus dari segi warna halaman, pemilihan jenis dan ukuran huruf serta animasi-animasi yang ada di dalamnya. Hal ini dapat dilakukan jika pembuat website selalu mencari inovasi baru dalam pemanfaatan teknologi informasi yang terus berkembang di era globalisasi ini.

5.       Kunjungi www.travelocity.com yang 70% saham dimiliki oleh Sabre dan American Airlines (www.aa.com) dan yang sebelumnya dimiliki Sabre. Melacak fitur dan layanan e-commerce tersedia di situsnya.
a.       Bagaimana website mereka dan model bisnis mereka berbeda satu sama lain?
Website keduanya adalah website agen tiket perjalanan dan dari segi tampilan memiliki warna yang hampir sama. Tetapi diantara keduanya terdapat sedikit perbedaan dalam penyampaian informasi dan cara pemesanan tiket perjalanan. Hal ini merupakan strategi bisnis yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan untuk menarik minat calon pelanggan. Untuk model bisnis keduanya tentu memakai e-bussiness dan e-commerce dimana mereka melakukan proses bisnis secara online melalui internet.

b.      Strategi apa yang dapat diterapkan oleh agen perjalanan tradisional untuk mempertahankan keunggulan kompetitif?
Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif, perusahaan tersebut harus memiliki aset dan kapabilitas perusahaan yang khas. Dimana perusahaan tersebut terus memberikan kontribusi yang baik bagi pelanggan melalui proses bisnis yang lancar. Selain itu perusahaan tersebut harus menyajikan informasi-informasi yang atraktif dan selalu memperbaharui segala jenis informasi yang mengalami perubahan informasi dalam perusahaan tersebut.

SESSION 05-06 Topic : Technology Guide 1: Computer Hardware

1.       Apakah Anda berpikir bahwa peralatan informasi seperti PDA akan menggantikan komputer pribadi (PC) dalam apilkasi bisnis? Jelaskan.
Menurut saya peralatan informasi dan komunikasi seperti PDA dapat menggantikan komputer pribadi (PC) dalam aplikasi bisnis. Karena di era globalisasi seperti saat ini penggunaan teknologi canggih dan modern lebih banyak digunakan. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh pemakai lebih besar ketimbang menggunakan komputer pribadi(PC). Contohnya, apabila seorang pelaku bisnis ingin berinteraksi dengan kliennya ataupun customer yang ingin melakukan registrasi dan transaksi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun asal mereka membawa PDA. Intinya dengan menggunakan PDA, para pengguna aplikasi bisnis dapat memperoleh kemudahan, efisiensi waktu untuk tidak berada di depan komputer pribadi dalam jangka waktu yang lama karena dengan menggunakan PDA kita dapat melakukan pekerjaan lainnya seperti pada saat bepergian di suatu tempat. Selain itu PDA dinilai lebih fleksibel ketimbang komputer pribadi.

2.       Apakah jaringan PC dan server membuat mainframe komputer usang? Jelaskan.
Jaringan PC dan server sebenarnya tidak membuat mainframe komputer menjadi usang, justru dalam keperluan komputer yang sangat besar, seperti perkantoran atau misalnya kepolisian, untuk penggunaan servernya dibutuhkan sebuah komputer mainframe yang akan mengontrol para komputer client, sehingga lebih difokuskan penggunaanya untuk masing-masing keperluan. Seperti stronge 1 untuk mengantur lalu lintas dan stronge 2 untuk mengatur kriminalitas. Sehingga mainframe membutuhkan spesifikasi komputer yang baik. Apabila komputer tersebut sudah mulai mengalami proses kerja yang buruk, kita dapat menggantikan hardware atau software dengan yang baru.

3.       Apa beberapa perkembangan hardware penting komputer yang Anda harapkan akan terjadi dalam 10 tahun mendatang? Bagaimana ini mempengaruhi penggunaan bisnis komputer?
Perkembangan hardware komputer yang saya harapkan dalam 10 tahun mendatang adalah berbagai hardware yang memiliki kecanggihan teknologi, hardwarenya fleksibel, memiliki efisiensi waktu dalam penggunaan bisnis seperti mobile, ekonomis dan mudah dalam pengoperasian hardware tersebut bagi pemula.

4.       Apa perangkat periferal lain dan kemampuan yang Anda butuhkan untuk diimiliki PC bisnis Anda? Jelaskan pilihan Anda.
perangkat is filed under Peripherals Accessories Periferal Business Bisnis, Databases Database, Graphics. Sebuah extender usb yang bisa digunakan secara fleksibel yang dapat menghemat ruang desktop dan menghilangkan kebisingan komputer di area kerja. Perangkat dengan kecepatan tinggi dan periferal seperti printer, kamera, hard drive dan scanner yang didukung oleh extender ini dapat digunakan dan dapat diperpanjang dengan jarak yang jauh.

5.       Apa beberapa tren yang terjadi pada perangkat perangkat komputer? Bagaimana tren tersebut mempengaruhi penggunakan komputer bisnis?
Tren yang terjadi pada perangkat komputer adalah adanya perkembangan dan perubahan terhadap hardware dan software yang selalu muncul dengan dukungan teknologi yang inovasi, fleksibel, dan lebih canggih dari sebelumnya. Dalam tren seperti ini dapat mempengaruhi penggunaan komputer bisnis yang mengalami pembaharuan sistem informasi dan sistem bisnis, seperti penggunaan aplikasi – aplikasi bisnis yang baru, ekonomis, lebih modern dan mutakhir. Dengan demikian proses bisnis dapat dilakukan dengan lebih mudah. Trend yang terjadi pada peripheral komputer berkembang pada kinerja/ performance yang lebih tinggi, kapasitas yang lebih besar dengan penggunaan daya yang sangat efisien dan juga teknologi ramah lingkungan lebih diminati.


SESSION 07-08 Topic : Case Study Discussion 1

Pilih posisi pekerjaan yang Anda inginkan untuk mendapatkan program magang atau sebagai fresh graduate. Akses situs favorit berburu pekerjaan atau Anda juga bisa melacak www.binuscareer.com, www.jobsdb.com, www.karir.com, ambil keuntungan dari sumber daya tersebut untuk mengetahui empat lowongan pekerjaan yang berbeda sesuai dengan posisi yang Anda butuhkan untuk mendapatkannya.

1.       Pilih beberapa lowongan kerja yang paling relevan dengan posisi yang Anda inginkan. Sebutkan beberapa tingkat yang sama, jenis pelatihan, pengalaman, dan / atau sertifikasi yang ditawarkan oleh semua bukaan.
Pada situs lowongan kerja yang saya kunjungi terdapat banyak sekali lowongan pekerjaan yang dibuka oleh beragam Perusahaan. Pada situs tersebut saya memilih 4 macam lowongan pekerjaan yang berbeda dan sesuai dengan posisi yang saya butuhkan untuk mendapatkannya, yaitu :
a)      Webpage Programmer
b)      IT/MIS, Administrator
c)       Engineer, Network
d)      Operator Engineer

Dalam keempat macam posisi pekerjaan ini memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dari segi persyaratan dan informasi pekerjaannya.
a)      Persamaan Persyaratan dan informasi pekerjaan
-          Minimal harus lulusan S1 dengan jurusan Sistem Informasi atau Teknik Informatika
-          Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun
-          Penempatan kerja di dalam perusahaan
-          Menguasai bahasa asing aktif maupun pasif

b)      Perbedaan persyaratan dan informasi pekerjaan
-          Tempat, Nama perusahaan dan posisi pekerjaan
-          Jenis kelamin dari calon pelamar pekerjaan
-          Informasi gaji

2.       Garis poin utama dari rencana Anda untuk memenuhi persyaratan Anda yang belum diperoleh.
Rencana saya untuk memenuhi persyaratan yang belum saya peroleh adalah dengan mengikuti perkuliahan dengan baik agar saya dapat wisuda dan mendapat gelar sarjana, mengikuti kursus bahasa asing untuk melatih kefasihan saya terhadap bahasa asing, mengikuti dan aktif dengan organisasi di kampus agar saya memiliki pengalaman berorganisasi dan bekerja dalam tim.

3.       Di situs apa Anda menemukan yang paling berguna? Jelaskan beberapa atribut menurut Anda yang paling penting dalam mengembangkan website berburu pekerjaan.
Menurut saya situs www.karir.com memiliki konsep yang lebih baik dalam menyuguhkan beragam informasi lowongan pekerjaan. Karena dalam mengembangkan website lowongan pekerjaan kita harus mempunyai beberapa strategi penting agar website kita dikunjungi banyak orang, yaitu :
-          Memiliki alamat situs yang sederhana namun mudah diingat sehingga orang dapat mengakses situs tersebut berulang kali.
-          Memiliki tampilan design yang menarik, atraktif, indah dan rapi sehingga mudah di baca.
-          Memiliki daftar lowongan pekerjaan yang lengkap dan jelas.
-          Memiliki informasi yang uptodate dan masih berlaku sehingga tidak memberi harapan kosong bagi orang yang ingin melamar pekerjaan tersebut.
-          Memiliki akses gratis bagi pengunjung website
-          Memiliki jaringan yang luas
-          Memiliki patner dari banyak perusahaan
Dengan demikian website lowongan pekerjaan tersebut akan terus berkembang karena didukung oleh faktor internal dan eksternal yang baik.


SESSION 09-10 Topic : Technology Guide 2: Computer Software

1.       Apa tren utama yang terjadi saat ini dalam perangkat lunak? Kemampuan apa yang Anda harapkan untuk melihat paket perangkat lunak di masa depan?
Menurut saya tren dalam perangkat lunak yang terjadi saat ini adalah banyaknya bermunculan berbagai software operasi dan software aplikasi yang terdapat pada komputer dan ponsel. Seperti pembaharuan windows yang kini telah berganti menjadi windows 7 dan munculnya berbagai smartphone yang didukung oleh OS canggih seperti Apple, Blackberry, Android, Palm dan lainnya serta software aplikasi lain yang terus mengalami perubahan versi yang lebih baru. Dengan adanya perkembangan dan pembaharuan terhadap software-software ini saya harapkan dapat meningkatkan kualitas teknologi yang telah ada untuk masa depan. Sehingga para pengguna teknologi dapat semakin dimudahkan dalam menjalankan semua pekerjaannya.

2.       Bagaimana peran yang berbeda dari sistem perangkat lunak dan aplikasi perangkat lunak mempengaruhi Anda sebagai pengguna bisnis? Bagaimana Anda melihat perubahan di masa depan?
Pada umumnya saat ini software operating system yang digunakan adalah WIndows, sebagian lagi menggunakan linux dan sebagian kecil menggunakan Mac. Kecenderungan yang terjadi saat ini adalah adanya tren open source, dimana Linux sebagai pelopornya. Adanya gerakan open source ini sedikit banyak didorong oleh "kemerdekaan software", dimana menurut mereka bahwa software seharusnya bisa digratiskan dan bisa dikembangkan bersama-sama.
Harus diakui, bahwa Microsoft dengan windowsnya "dengan satu tangan" telah membentuk kita untuk menggunakan komputer, sehingga saat "serangan fajar" dari OS semacam linux dan lainnya tiba, banyak reaksi yang terjadi. Ada yang mengatakan bahwa Linux itu berbeda dan tidak mudah untuk digunakan. Ada pula yang menyambut positif dan berharap bahwa linux bukan efouria sesaat yang kemudian mati.
Karena sudah terbiasa dengan windows, hadirnya linux jelas menimbulkan perdebatan (dalam hal positif). Saat ini dapat dikatakan bahwa menggunakan Linux sudah sama mudahnya dengan WIndows. Tidak seperti beberapa tahun lalu, berdasarkan pengalaman saya sendiri, untuk menginstall sistem operasi dan software aplikasinya sangatlah susah karena dukungan untuk Linux sangatlah terbatas. Tetapi sekarang kita sudah bisa mendapatkannya dengan mudah.
Kalau untuk pengguna akhir dalam bidang bisnis, tentunya diuntungkan dengan kehadiran open source seperti linux ini. Karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar lisensi dan mereka hanya mengeluarkan biaya untuk pengadaan hardware dan training. Bisa dibayangkan berapa besar uang perusahaan yang bisa dihemat dengan cara demikian. Sehingga Microsoft pun menggratiskan beberapa software untuk masyarakat. Salah satu bisa diambil sebagai contoh, yaitu penggratisan aplikasi Virtual PC, software emulator sistem operasi. Sementara yang lain menjual dengan harga yang mahal, Microsoft justru menggratiskannya. Mudah-mudahan kedepannya akan lebih banyak lagi gratisan dari produsen software ternama. Kemudian, banyaknya software sejenis namun berbeda produsen tentunya akan menguntungkan kita selaku pemakai akhir. Kita dapat memilih software mana yang terbaik untuk digunakan, baik dari segi harga, fitur, maupun dukungan teknis dan kemudahan dalam pemakaian. Yang pasti, gerakan open source belum mencapai puncaknya. Kita masih akan melihat beberapa gebrakan baru dalam dunia software ini. Tentu saja kita mengharapkan sebuah sistem operasi yang cepat dan handal, namun rendah dalam hal maintenance dan biaya akan ada di masa yang akan datang.

3.       Mengapa sistem operasi diperlukan? Dengan kata lain, mengapa tidak bisa pengguna akhir hanya memuat program aplikasi ke dalam komputer dan memulai komputerisasi?
Untuk  menjalankan program-program dan aplikasi yang terdapat di komputer diperlukan satu sistem operasi.  Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer kita, misalnya MS-OFFICE. Sistem operasi Windows, UNIX/LINUX, DOS, OS/2. Berdasarkan letaknya sistem informasi dibagi dua, yaitu :
-  Resident Module (di dalam computer) yang terletak pada ROM dan di sebut Internal Memory.
- Transient Module ( di luar computer ) yang di sebut external momory seperti DOS (disk operating system) Windows 98, ME, XP ,dan lain-lain.
Alasan mengapa pengguna akhir harus menginstall sistem operasi adalah untuk menghubungkan antara brainware dengan hardware, sebab kalau tidak ada system operasi kita tidak dapat menggunakan hardware komputer. Di dalam sistem komputer terdapat perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi. Sistem operasi dapat kita ibaratkan sebagai jalan raya yang dilalui berbagai jenis kendaraan, sementara program aplikasi dapat kita ibaratkan sebagai beragam jenis kendaraan yang lalu lalang di jalan raya. Setiap sistem komputer, baik yang kecil maupun yang besar memiliki sistem operasi. Bahkan komputer genggam dan telepon seluler cerdas (smartphone) pun memiliki sistem operasi.

4.       Menurut pendapat Anda, apakah Linux akan mengungguli sistem operasi lainnya untuk server jaringan dan web? Mengapa?
Menurut pendapat saya bisa ya dan bisa tidak. Karena saat ini ada dua penguasa besar untuk kategori server yaitu WIndows server dan Linux. Linux dengan dukungan komunitas open sourcenya telah menjelma menjadi kekuatan yang besar, termasuk untuk urusan server yang dengan cepat menggerogoti pangsa pasar yang tadinya dikuasi oleh Microsoft dan Novell.
Namun demikian, banyak pula kalangan dunia usaha yang rela untuk membayar lebih untuk menggunakan jasa dari Microsoft Windows Server.  Karena kalangan dunia usaha sangat membutuhkan kepastian untuk kelangsungan usahanya, demikian pula untuk urusan produk ITnya. Microsoft telah dikenal dengan pendekatan personalnya dan selalu siap membantu karena mereka mempunyai perwakilan resmi hampir diseluruh dunia. Demikian pula bila kita sewaktu bertanya mengenai trouble yang terjadi pada sistem windowsnya, tentu larinya akan ke Microsoft.
Sementara solusi open source tidak demikian. Memang masing masing distro memiliki perwakilan, tapi tidak secara resmi. Jadi masalah antara windows dan linux adalah masalah dukungan purna jualnya. Tentu saja kalangan dunia usaha sangat membutuhkan kepasatian, itulah sebabnya posisi dari Windows hampir tak pernah bergeser.
Kalau pemakainya dari kalangan masyarakat biasa dan para pelajar, mungkin mereka terbantu sekali dengan solusi dari linux ini . Selain hampir gratis, mereka pun dapat menemukan bantuan dari forum, millis selain dari situs webnya sendiri. Namun Windows pun ada yang dijual bajakan dengan harga yang sama dengan Linux.

5.       Perangkat lunak aplikasi mana yang paling penting bagi pengguna akhir bisnis untuk mengetahui bagaimana menggunakan? Jelaskan alasan Anda.
Software aplikasi yang penting untuk pengguna bisnis akhir tentunya harus dipertimbangkan organisasi TI bila mengevaluasi penyedia solusi sesuai kebutuhan untuk keamanan dan kepatuhan komunikasi, seperti efektivitas, fleksibilitas, kemudahan penerapan dan penggunaan, biaya kepemilikan total rendah, skalabilitas dan keandalan.
Tidak semua produk keamanan dan kepatuhan komunikasi sesuai kebutuhan setara. Bahkan, banyak produk yang tidak memenuhi lima kriteria penting yang dapat membuat pelanggan tertarik untuk berlangganan dan meningkatkan produktivitas bisnis mereka serta pelanggan TI sekaligus memastikan keamanan dan kepatuhan semua komunikasi elektronik. Produk keamanan dan kepatuhan pesan Google secara unik memenuhi lima kriteria strategi keamanan dan kepatuhan komunikasi sesuai kebutuhan yang efektif. Dengan memberikan kemudahan penggunaan, administrasi dan manajemen fleksibel, efektivitas tinggi, biaya kepemilikan yang murah, serta skalabilitas dan keandalan yang tinggi, Google membantu pelanggannya meningkatkan produktivitas bisnis dan TI serta meningkatkan pendapatan bersih. Simak
Baca secara fonetik


SESSION 11-12 Topic : Organizational Information Systems

1)      Bagaimana sistem seperti CRM (Customer Relationship Management) dapat meningkatkan hubungan perusahaan dengan para pelanggannya dengan tingkat kegagalan yang demikian tinggi ?
Dalam meningkatkan hubungan perusahaan dengan para pelangganya, CRM memiliki moto “Treat different customers differently” yang artinya CRM akan melakukan pelayanan yang berbeda pada masing-masing pelanggannya. Bentuk pelayanan yang diberikan tidak sama dengan pelanggan lain tergantung dari karakteristik pelanggan. Oleh karena itu CRM sangat mengetahui betul keinginan dan ciri pelanggannya serta membantu menjaga pelanggan yang menguntungkan dan memaksimalkan pendapatan seumur hidup dari mereka.
Titik sentuhan Pelanggan adalah metode interaksi dengan pelanggan, seperti telepon, e-mail, layanan pelanggan atau help desk, surat konvensional, situs Web dan toko. Dengan demikian CRM menjalin keakraban dengan pelanggannya secara maksimal agar mereka dapat mempercayai sistem CRM sepenuhnya.

2)      Bagaimana otomatisasi tenaga penjualan dapat mempengaruhi produktivitas tenaga penjualan, manajemen pemasaran dan keunggulan kompetitif ?
Otomatisasi tenaga penjualan dapat mempengaruhi produktivitas tenaga penjualan, manajemen pemasaran dan keunggulan kompetitif menjadi lebih cepat dan bagus tentunya. Karena Teknologi Informasi sebagai pendukung utama pencapaian keunggulan kompetitif dalam perencanaan strategis untuk meningkatkan kesejahteraan perusahaan, yaitu diferensiasi, biaya yang lebih rendah, penciptaan produk baru, peningkatan layanan purna jual, peningkatan pertumbuhan kapasitas dan pasar serta pengembangan sistem informasi terorganisasi seperti CRM melalui peningkatan kualitas, efisiensi, inovasi dan daya responsive terhadap pelanggan.

3)      Bagaimana sistem seperti SCM (Supply Chain Management) dapat membuat arus kerja lebih efisien dan efektif ?
SCM dapat membuat arus kerja secara lebih efektif dan efisien dengan membuat strategi yang berkaitan erat dengan konfigurasi fisik maupun manajemennya.
§  Mengurangi biaya transaksi bisnis rutin.
§  Meningkatkan kualitas aliran informasi dengan menghilangkan erorr- erorr yang terjadi.
§  Menyederhanakan siklus waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi bisnis.
§  Menghilangkan proses-proses berbasis kertas dan biaya ketidak efisienan yang tidak terkait dengan proses tersebut.
§  Memudahkan pemindahan dan pengelolaan informasi dari user.
Dalam rancangan struktur SCM mulai dari konfigurasi jaringan antar channel sampai pada konfigurasi fasilitas dalam sebuah channel tidak bisa dilepaskan dari karakteristik produk maupun jasa yang dihasilkan oleh sebuah Supplay Chain. Aspek – aspek  yang meliputi produk fungsional dan produk inovatif adalah siklus hidupnya, jumlah variasinya, stabilitas permintaan, kesalahan ramalan, tingkat markdown, dan sebagainya.

4)      Apakah issue-issue yang penting sehubungan dengan Global Inter Organizational Information System Design ? Mengapa hal-hal tersebut harus dipertimbangkan atau dipikirkan ?
Isue – issue yang sehubungan dengan Global IOS Design meliputi :
§  Cultural Differences
§  Localization
§  Economic and Political Differences
§  Legal Issues
§  Cross-border data transfer which refers to the flow of corporate data across nations’ borders.
Alasan harus mempertimbangkan issue sehubungan dengan Global IOS Design adalah dengan kapasitas pertumbuhan antar perusahaan yang berlokasi di dua atau lebih negara harus memiliki sistem organisasi berstandar internasional yang dapat meningkatkan kualitas perusahaan.

5)      Masalah-masalah apa yang mungkin terjadi dalam penerapan SCM (Supply Chain Management) ? Mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi ?
Masalah yang mungkin dapat terjadi dalam penerapan SCM adalah masalah penyiapan infrastruktur dan standardisasi informasi atau adanya kanibalisasi proses, seperti hanya memfokuskan pada bagian-bagian tertentu saja, misalnya: hanya berfokus pada warehousing atau transportasi  atau aspek lain secara parsial. Fokus perhatian dari lean supply chain seharusnya pada total supply chain process secara keseluruhan.
Hal ini bisa terjadi karena buruknya sistem kerja dalam aliran pemasok, adanya biaya ongkos transaksi, menggunakan komunikasi manual, meningkatkan procurement lead time dan waktu tunggu inventori.

6)      Apakah yang dimaksud dengan EDI (Electronic Data Interchange) ? Apakah kelebihan dan kekurangan dari EDI ?
EDI adalah standar komunikasi yang memungkinkan mitra bisnis untuk melakukan pertukaran dokumen rutin, seperti pesanan pembelian secara elektronik. Penerjemah EDI mengkonversi data ke dalam format standar sebelum dikirim.
§  Kelebihan  dari EDI
-          Minimalkan kesalahan entri data
-          Panjang pesan lebih pendek
-          Pesan dijamin
-          Mengurangi siklus waktu
-          Meningkatkan produktivitas
-          Meningkatkan layanan pelanggan
-          Meminimalkan penggunaan dan penyimpanan kertas
§  Kekurangan dari EDI
-          Investasi awal yang signifikan untuk melaksanakannya
-          Biaya operasi yang sedang berlangsung akan tinggi karena penggunaannya mahal, private VANs
-          Sistem tradisional EDI fleksibel
-          Periode startup panjang
-          Beberapa standar EDI tersedia


SESSION 13 Topic : Case Study Discussion 2

1.       Jelaskan identifikasi rantai pasokan dan aliran informasi yang digambarkan dalam kasus pembukaan (Pengantar Sistem Informasi; Rainer, Turban, Porter, halaman 242-243;. VF Corporation Goes Global).
Supply Chain Management (SCM) menekankan pada pola terpadumenyangkut proses aliran produk dari supplier, manufaktur, retailer hingga padakonsumen akhir. Dalam konsep SCM ingin diperlihatkan bahwa rangkaianaktivitas antara supplier hingga konsumen akhir adalah dalam satu kesatuan tanpasekat yang besar. Mekanisme informasi antara berbagai komponen tersebutberlangsung secara transparan.
Fokus utama dariSCM adalah sinkronisasi proses untuk kepuasan pelanggan. Semua supply chainpada hakekatnya memperebutkan pelanggan dari produk atau jasa yangditawarkan. Semua pihak yang berada dalam satu rantai supply chain harusbekerja sama satu dengan lainnya semaksimal mungkin untuk meningkatkanpelayanan dengan harga murah, berkualitas, dan tepat pengirimannya.
Persaingan dalam konteks SCM adalah persaingan antar rantai, bukanantar individu perusahaan. Kelemahan praktek tradisional yang bersifat adversarial adalah terfokusnya ukuran keberhasilan dan aktivitas pada bagian-bagian kecil dari supply chain yang justru sering berlawanan dengan tujuan akhir untuk meniuanganngkatkan pelayanan pada pelanggan atau konsumen akhir.Manajemen Rantai Suplai adalah koordinasi dari bahan, informasi danarus ke antara perusahaan yang berpartisipasi. Manajemen rantai suplai bisa jugaberarti seluruh jenis kegiatan komoditas dasar hingga penjualan produk akhir kekonsumen untuk mendaur ulang produk yang sudah dipakai.
§  Arus material melibatkan arus produk fisik dari pemasok sampai konsumenmelalui rantai, sama baiknya dengan arus balik dari retur produk, layanan,daur ulang dan pembuangan.
§  Arus informasi meliputi ramalan permintaan, transmisi pesanan dan laporanstatus pesanan, arus ini berjalan dua arah antara konsumen akhir dan penyediamaterial mentah.
§  Arus keuangan meliputi informasi kartu kredit, syarat-syarat kredit, jadwalpembayaran dalam penetapan kepemilikandan pengiriman.
§  Tujuan dalam rantai suplai ialah memastikan material terus mengalir darisumber ke konsumen akhir. Bagian-bagian ( yang bergerak didalamrantai suplai haruslah berjalan secepat mungkin. Dan dengan tujuan mencegahterjadinya penumpukan inventori di satu lokal, arus ini haruslah diatur sedemikian rupa agar bagian-bagian tersebut bergerak dalam koordinasi yangteratur.

Identifikasi semua segmen rantai pasokan.

Menurut Turban, Rainer, Porter terdapat 3 macamkomponen rantai suplai, yaitu:
1.       Rantai Suplai Hulu/Upstream supply chainBagian upstream (hulu)
Supply chain meliputi aktivitas dari suatuperusahaan manufaktur dengan para penyalurannya (yang mana dapatmanufaktur, assembler , atau kedua-duanya) dan koneksi mereka kepada padapenyalur mereka (para penyalur  second-trier). Hubungan para penyalur dapatdiperluas kepada beberapa strata, semua jalan dari asal material (contohnya  bijih tambang, pertumbuhan tanaman). Di dalam upstream supply chain,aktivitas yang utama adalah pengadaan.

2.       Manajemen Internal Suplai Rantai/Internal supply chain management
Bagian dari internal supply chain meliputi semua proses pemasukanbarang ke gudang yang digunakan dalam mentransformasikan masukan daripara penyalur ke dalam keluaran organisasi itu. Hal ini meluas dari waktumasukan masuk ke dalam organisasi. Di dalam rantai suplai internal, perhatianyang utama adalah manajemen produksi, pabrikasi, dan pengendalianpersediaan.

3.       Segmen Rantai Suplai Hilir/Downstream supply chain segment
Downstream (arah muara) supply chain meliputi semua aktivitas yangmelibatkan pengiriman produk kepada pelanggan akhir. Di dalam downstreamsupply chain, perhatian diarahkan pada distribusi, pergudangan, transportasi,dan after-sales-service. Tujuannya selalu berlanjut, arus synchronous. Berlanjut artinya tidak adainterupsi, tidak ada bola yang jatuh, tidak ada akumulasi yang tidak diperlukan.Dan synchronous berarti semuanya berjalan seperti balet. Bagian-bagian dankomponen-komponen dikirim tepat waktu, dalam sekuensi yang seharusnya, samapersis sampai titik yang mereka butuhkan.Terkadang sangat susah untuk melihat sifat arus "akhir ke akhir" dalamrantai suplai yang ada. Efek negatif dari kesulitan ini termasuk penumpukaninventori dan respon tidak keruan pada permintaan konsumen akhir. Jadi, strategimanajemen membutuhkan peninjauan yang holistik pada hubungan suplai.Merupakan pengelolaan berbagai kegiatan dalam rangka memperolehbahan mentah, dilanjutkan kegiatan transformasi sehingga menjadi produk dalamproses, kemudian menjadi produk jadi dan diteruskan dengan pengiriman kepadakonsumen melalui sistim distribusi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mencakuppembelian secar tradisional dan berbagai kegiatan penting lainnya yangberhubungan dengan supplier dan distributor. Oleh karena itu Supply Chain Management antara lain meliputi penetapan: 
a.       Pengangkutan
b.      Pembayaran secara tunai atau kredit (proses transfer)
c.       Supplier d
d.      Distributor dan pihak yang membantu transaksi seperti Bank
e.      Hutang maupun piutang
f.        Pergudangan
g.       Pemenuhan pesanan
h.      Informasi mengenai ramalan permintaan, produksi maupun pengendalian persediaan

Penerapan Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain management (SCM)
Pada intinya SCM adalah suatu jejaringan organisasi yang saling tergantung dan bekerja sama saling menguntungkan melalui pengembangan sistem manajemen untuk perbaikan sistem penyaluran produk, informasi, pelayanan dan dana dari pemasok ke pengguna akhir (konsumen). 
Tujuan:
Konsep SCM dilakukan agar peningkatan daya saing itu tidak semata dilakukan melalui perbaikan produktivitas dan kualitas produk, tetapi juga melaluipengemasan, pemberian merk, efisiensi, transportasi, informasi, penguatankelembagaan, dan penciptaan inovasi secara kontinyu dan sistematik.
Hal-hal yang perlu dilakukan dalam strukturisasi rantai pasokan
a.       Identifikasi status rantai pasokan
b.      Menyusun rencana strukturisasi rantai pasokan
c.       Mengembangkan sistem  informasi  yang  menghubungkan konsumen – pedagang - petani vice viersa
d.      Sosialisasikan dan terapkan GAP, GHP, GMP dan GTP
e.      Menggalang dukungan sektor terkait

Mengapa perlu untuk menggunakan IT untuk mendukung perubahan tersebut?
Seluruh mata rantai pasokan (supply chain) diubah dengan menggunakan TI dengan harapan bisa lebih kompetitif dalam melakukan bisnis. Mata rantai pasokan adalah jaringan yang memfasilitasi pengadaan material, pengubahan bahan mentah menjadi produk, dan pendistribusian produk akhir kepada pelanggan.
ERP dibutuhkan sebagai penyedia data dari satu sumber secara real time. Sementara itu untuk kebutuhan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian dibutuhkan alat analitis (Analytical Tools) yang dibagi ke dalam empat lapisan yaitu strategis, taktis, perencanaan operasional dan pelaksanaan operasional.
Menurut Chopra dan meindl (2007) informasi harus memiliki bberapa karakteristik agar dapat bergunadalam mengambil keputusan rantai pasok
§  Akurat : informasi harus menggambarkan kondisi yg sebenarnya agar manajer dapat mengambil keputusanyang baik.
§  Tepat : sebuah perusahaan bisa saja tenggelam dalam lautan informasi namun tidak dapat mengambil keputusan yang baik karena informasi tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan. Perusahaan harus benar2 memprtimbangkan informasi apa saja yang dibutuhkan sehingga tidak membuang-buang sumber daya untuk mengumpulkan, menyimpan,dan memelihara informasi yang tidak dibutuhkan
§  Dapat di akses pada saat dibutuhkan : seringnya yg trjadi adalah informasi sebenarnya ada namun tdk dpt di akss pd saat dibutuhkan, informasi yg akurat namun tidak dapat di akses tidak dapat mendukung pngambilan keputusan.


SESSION 14 Topic : Ethics, Privacy, and Information Security

  1. Apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan penggunaan bisnis Internet ? Berikan beberapa contoh alat dan teknologi keamanan yang akan Saudara gunakan !
Masalah utama dalam penggunaan komersial internet adalah keamanan. Survei menyatakan bahwa keberhasilan ekonomi aplikasi bisnis elektronik terhambat karena Internet tidak memiliki langkah-langkah keamanan yang sesuai. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan dari konsumen dalam aplikasi bisnis elektronik adalah untuk membentuk suatu kuantifikasi standar keamanan. Sangat penting untuk menemukan penjangka keamanan - bukan hanya untuk membandingkan sistem dengan satu sama lain, tetapi juga untuk menganalisa dan desain aplikasi bisnis elektronik.
Elektronik Aplikasi Bisnis (DBE) adalah suatu sistem yang terdiri dari sistem server (di lokasi pedagang), sistem klien (di lokasi pelanggan), dan cara penularan di antara, yang dianggap tidak aman dan tidak-terpercaya.
Kita perlu untuk mengamankan lingkungan kami, sehingga kami dapat melakukan hal-hal, seperti yang kita ingin menyelesaikannya. E-terorisme, E-kerusakan, E-keamanan menjadi kata kunci di pada saat ini di dunia TI.
Keprihatinan Keamanan dalam E-bisnis tertinggi telah menerima perhatian baik dari desainer dan pemerintah. Karena, pergeseran dari kertas ke media elektronik dan transaksi terjadi dari lokasi terpencil dan tidak dikenal, memastikan sifat asli transaksi komersial sulit.
Keamanan bukan sebuah produk, atau teknologi TI. Keamanan adalah suatu proses. Proses keamanan terdiri dari banyak hal. Ini berisi langkah-langkah pengendalian preventif dan dosis sehat kesadaran. Ini termasuk pemulihan bencana dan kelangsungan usaha. Berbagai produk dan teknologi dukungan semua elemen dari proses tersebut. Proses keamanan adalah keadaan pikiran yang harus menyerap co-operasi dan budaya untuk menjadi efektif.
Jika kita memberitahu komunitas keamanan yang telah Anda punya masalah menghentikan virus tertentu kita pada saat yang sama juga mencerahkan masyarakat hacker. Kita membaca situs Web mereka dan mereka membaca kita. Waktu adalah kekuatan hacker. Jaringan kami harus terus melakukan apa yang dilakukannya 24 jam sehari, 7 hari seminggu, untuk mempertahankan kemampuan operasional kami. Si hacker bisa duduk dan menunggu dan meningkatkan probabilitas deteksi, strategi berubah. Seorang hacker target produk dari basis pelanggan besar dan masing-masing sukses memimpin serangan ke tingkat yang sangat tinggi dari kerusakan dan menyediakan publisitas luas.

Tujuan Umum Keamanan

Secara tradisional, ketika berbicara tentang keamanan data biasanya empat tujuan keamanan diidentifikasi: kerahasiaan, integritas, keaslian, kemampuan audit dan ketersediaan. Untuk lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis elektronik dengan segala aspek hukum tujuan keamanan lebih telah diidentifikasi. Yang paling penting adalah akuntabilitas.
§  Kerahasiaan
Menggambarkan kondisi dimana data dilindungi dari pengungkapan yang tidak sah. Hilangnya kerahasiaan terjadi ketika isi komunikasi atau file diungkapkan. Informasi harus dilindungi dari mencongkel mata pengguna internal yang tidak sah, hacker eksternal dan dari yang disadap selama transmisi pada jaringan komunikasi dengan membuatnya dimengerti bagi penyerang.

§  Integritas
Integritas berarti bahwa data tersebut belum diubah atau dihancurkan yang dapat dilakukan tanpa sengaja (kesalahan transmisi misalnya) atau dengan niat jahat (sabotase misalnya). Sesuai mekanisme yang diperlukan untuk memastikan end-to-end isi pesan dan otentikasi copy.

§  Tersedianya
Ketersediaan mengacu pada fakta bahwa data dan sistem dapat diakses oleh orang yang berwenang dalam jangka waktu yang tepat. Alasan hilangnya ketersediaan mungkin serangan atau ketidakstabilan sistem. Informasi yang disimpan atau dikirimkan melalui jaringan komunikasi harus tersedia bila diperlukan dan untuk apa pun sejauh yang diinginkan dalam batasan waktu pra-ditetapkan.

§  Akuntabilitas
Jika sistem akuntabilitas dijamin, para peserta suatu kegiatan komunikasi dapat yakin bahwa pasangan komunikasi mereka adalah salah satu ia diklaimnya. Jadi mitra komunikasi dapat bertanggung jawab atas tindakan mereka.

§  Keaslian
Seharusnya mungkin untuk mencegah orang atau disembunyikan sebagai objek dari beberapa orang lain atau objek. Ketika pesan diterima karena itu harus mungkin untuk memverifikasi apakah itu memang telah dikirim oleh orang atau objek yang mengaku sebagai pengirim tersebut. Demikian pula, juga harus mungkin untuk memastikan bahwa pesan itu dikirim kepada orang atau objek untuk siapa saja yang dimaksudkan. Ini menunjukkan perlunya identifikasi yang dapat diandalkan dari pencetus dan penerima data.

§  Kemampuan Audit
Audit data harus dicatat sedemikian rupa sehingga semua kerahasiaan yang ditentukan dan persyaratan integritas terpenuhi. Menerapkan solusi keamanan di lingkungan Perdagangan Elektronik Oleh karena itu, memerlukan suatu Analisis Risiko skenario usaha. Semua ancaman yang mungkin harus dipertimbangkan dan persyaratan kebijakan keamanan ditarik keluar dari organisasi didasarkan pada kombinasi dari beberapa atau semua layanan yang tercantum di atas.

§  Non-Talak (NR)
Kemampuan untuk memberikan bukti asal atau pengiriman data merupakan aspek penting dari akuntabilitas. NR pengirim melindungi terhadap penyangkalan palsu oleh penerima bahwa data telah diterima. Dengan kata lain, penerima tidak dapat mengatakan bahwa dia tidak pernah menerima data, dan pengirim tidak bisa mengatakan bahwa dia tidak pernah mengirim data.

Keamanan Tujuan
§  Mencegah kerusakan berbahaya.
§  Mencegah kerusakan yang disengaja.
§  Membatasi dampak penghapusan.
§  Mencegah akses ke lokasi yang tidak sah.
§  Menyediakan integritas dan kerahasiaan data.
§  Menyediakan sistem pemulihan bencana.

Rencana Keamanan Jaringan

Hal ini sangat penting untuk membuat daftar prioritas perusahaan untuk sistem keamanan. Tidak ada jawaban yang sederhana bagi dilema keamanan jaringan. Setiap solusi keamanan yang jelas memiliki kelebihan dan kekurangan, dan jaringan setiap perusahaan memiliki daftar yang berbeda dari kebutuhan dan urutan prioritas yang berbeda.
Atas tiga keprihatinan untuk jaringan E-bisnis adalah tingkat keamanan, kesederhanaan, dan efisiensi biaya. Jelas keamanan, kesederhanaan, dan efisiensi biaya tumpang tindih di daerah banyak bila digunakan dalam konteks keamanan jaringan, dan itulah sebabnya daftar prioritas adalah cara terbaik untuk memulai rencana keamanan. Sebuah solusi sukses paling sering menggunakan kombinasi dari kedua keamanan pengguna berbasis dan keamanan lalu lintas berbasis untuk mengontrol jaringan.

Keamanan di web diimplementasikan melalui sistem berlapis memeriksa setiap dan melindungi arus informasi. Lapisan adalah sebagai berikut:
§  Sumber dan hubungan tujuan.
§  Otorisasi individu - password.
§  Otentikasi.
§  Enkripsi pesan untuk integritas.
§  Menggunakan tombol kunci publik / pribadi untuk eksposur yang tidak sah.
§  Memeriksa akses ke intranet dan akses ke situs yang lain melalui internet.
§  Akhirnya tetapi tidak kurang penting adalah keamanan fisik untuk Intranet.
§  Penggunaan toleran kesalahan sistem, disk mirroring, duplikasi dan penggunaan Raid (Redundant Array of Inexpensive Disk).

Web Server Security

Server yang menghubungkan perusahaan Anda ke Internet dan Internet untuk perusahaan Anda berada dalam bahaya konstan. Sangat penting untuk memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang bahaya adalah sekitar bahwa server dan apa tindakan pengamanan dapat diambil untuk melindunginya.

Mengapa Keamanan Web Server diperlukan?

Istilah "hacker" mengirimkan dingin setiap punggung jaringan e-bisnis administrator jika hanya karena cerita media dipublikasikan secara luas bahwa permukaan lagi dan lagi dalam bentuk legenda komputer. Meskipun sebagian besar hype dapat dikaitkan dengan paranoia, ada banyak khawatir ketika datang untuk mengamankan server Web.
Serangan pada server Web atau dilakukan karena dua alasan. Yang pertama adalah bahwa serangan semacam itu dapat memberikan informasi penting penyusup yang dapat digunakan di masa depan untuk mendapatkan akses ke jaringan pribadi. Tujuan kemungkinan kedua di belakang serangan server Web adalah untuk mendapatkan akses ke jaringan pribadi. Tujuan kemungkinan kedua di belakang serangan server Web adalah untuk mendapatkan akses ke antarmuka Internet sendiri dan mengubah informasi yang diposting di Internet.
§  Keamanan Email
E-mail, khususnya Internet e-mail, telah menjadi alat komunikasi dasar. Ini adalah salah satu cara yang paling fleksibel mentransfer informasi dari hampir apa pun. Setiap aplikasi bisnis di mana ada kebutuhan untuk mentransfer informasi tanpa syarat untuk pencarian online bisa otomatis dengan e-mail. Email juga merupakan arsitektur termudah untuk menyebarkan untuk komunikasi dengan karyawan jauh mitra bisnis, dll.
Namun demikian, email ini sangat tidak aman. Hal ini sangat rentan terhadap penangkapan, dan pemalsuan e-mail ini sepele. Oleh karena itu tanpa langkah-langkah keamanan yang tepat, sangat disarankan untuk mentransfer informasi sensitif melalui e-mail, atau untuk menaruh kepercayaan terlalu banyak informasi yang diterima melalui e-mail.

                'Spam' adalah salah satu ancaman yang paling lazim untuk integritas jaringan di Internet publik. Hal ini menyebabkan penolakan layanan di tingkat jaringan, banjir bandwidth dan overloading host email. Ini mengurangi produktivitas kedua administrator mail dan pengguna akhir. Ini adalah salah satu daerah di mana perusahaan harus memberikan dorongan sementara mempertimbangkan keamanan email-pesan.

§  Pertahanan Virus
Perlindungan Virus merupakan faktor risiko yang penting, bahwa setiap perusahaan harus dipertimbangkan ketika akan menghubungkan ke Internet. Dengan demikian, banyak perusahaan membangun pertahanan terhadap penyebaran virus dengan memusatkan distribusi dan memperbarui perangkat lunak antivirus sebagai tanggung jawab departemen ada. perusahaan lainnya adalah outsourcing tanggung jawab perlindungan virus untuk penyedia layanan Internet atau telekomunikasi atau perusahaan keamanan manajemen.

§  Things to Be Ditekankan Untuk E-Security
§  Membuat Strategi Keamanan.
§  Alat kriptografi.
§  Cyber terorisme.
§  Pertahanan dari Virus.
§  Sistem firewall.
§  Privasi di Internet.
§  Keamanan jasa manajemen.
§  Verifikasi Keaslian.

Jadi, jika kita dapat mengikuti semua langkah ini maka kita dapat membuat jaringan aman seluruh bisnis kami.

E-bisnis tergantung pada penyediaan pelanggan, mitra, dan karyawan dengan akses ke informasi, dengan cara yang dikendalikan dan aman. Mengelola keamanan e-bisnis adalah tantangan multidimensional dan membutuhkan koordinasi kebijakan dan praktek bisnis dengan teknologi tepat guna. Selain penggelaran standar dasar, sistem fleksibel dan interoperable, teknologi harus memberikan jaminan keamanan yang diberikan dalam produk.


Sebagai teknologi matang dan aman sistem e-bisnis dikerahkan, perusahaan akan lebih baik diposisikan untuk mengelola risiko yang terkait dengan disintermediasi akses data. Melalui proses ini bisnis akan meningkatkan daya saing mereka sementara juga bekerja untuk melindungi infrastruktur bisnis yang penting dari kedua penjahat seperti hacker, karyawan puas, penjahat dan mata-mata perusahaan.


Kita harus juga berpikir tentang pencegahan kerusakan berbahaya, kerusakan tidak disengaja, akses tidak sah ke lokasi, menyediakan integritas dan kerahasiaan data, dan untuk sistem pemulihan bencana.

  1. Masalah keamanan apa yang Saudara lihat dalam peningkatan penggunaan intranet dan ekstranet di bisnis ? Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasai masalah semacam itu ? Berikan beberapa contoh !
Untuk mengatasi hal yang tak diinginka berkaitan dengan keberadaan beberapa aplikasi yang hanya boleh diketahui orang-orang tertentu, maka dapat digunakan beberapa cara seperti dijelaskan berikut ini:
1.       Publik Key Security, digunakan untuk menghalangi akses yang tidak berhak memasuki private intranet.
2.       Firewall, sebuah perangkat lunak dan atau keras untuk mengatur akses masuk dan keluar dari jaringan sebuah perusahaan, yang juga dikenal dengan sebutan Border Protection Device (BPD).
3.       Assured Pipeline, suatu perusahaan menggunakan assured pipeline ini untuk keamanan tinggi, memeriksa permintaan akan data kemudian menentukan apakah permintaan itu valid atau tidak.

  1. Apa saja kekhawatiran utama Saudara mengenai kejahatan komputer dan privasi di Internet ? Apa yang dapat Saudara lakukan tentang hal itu ? Jelaskan !
Kejahatan computer adalah perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan memakai komputer sebagai sarana/alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Atau secara ringkas kejahatan komputer didefinisikan sebagai perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer yang canggih (Wisnubroto, 1999).

Contoh-contoh kejahatan computer :

a)      Unauthorized Access to Computer Sistem and Service
Kejahatan yang dilakukan dengan memasuki/ menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya.

b)      Illegal Contents
Merupakan kejahatan dengan memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum.

c)       Data Forgery
Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet.

d)      Cyber Espionage
Merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network sistem) pihak sasaran.

e)      Cyber Sabotage and Extortion
Kejahatan ini dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet.

f)       Offense Against Intellectual Property
Kejahatan ini ditujukan terhadap hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di internet. Sebagai contoh adalah peniruan tampilan pada web page suatu situs milik orang lain secara ilegal, penyiaran suatu informasi di internet yang ternyata merupakan rahasia dagang orang lain dan sebagainya.

g)      Infringements of Privacy
Kejahatan ini ditujukan terhadap informasi seseorang yang merupakan hal yang sangat pribadi dan rahasia. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap keterangan seseorang pada formulir data pribadi yang tersimpan secara computerized, yang apabila diketahui oleh orang lain akan dapat merugikan korban secara materil maupun immateril, seperti nomor kartu kredit, nomor PIN ATM, cacat atau penyakit tersembunyi dan sebagainya.

  1. Adakah krisis etika dalam bisnis saat ini ? Peran apa yang dimainkan teknologi informasi dalam berbagai praktik bisnis yang tidak beretika ?
Mengapa etika bisnis dalam perusahaan terasa sangat penting saat ini? Karena untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, diperlukan suatu landasan yang kokoh.Biasanya dimulai dari perencanaan strategis , organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang andal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekwen. Haruslah diyakini bahwa pada dasarnya praktek etika perusahaan akan selalu menguntungkan erusahaan baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang karena :
§  Akan dapat mengurangi biaya akibat dicegahnya kemungkinan terjadinya friksi baik intern perusahaan maupun dengan eksternal.
§  Akan dapat meningkatkan motivasi pekerja.
§  Akan melindungi prinsip kebebasan ber-niaga
§  Akan meningkatkan keunggulan bersaing.
Tindakan yang tidak etis, bagi perusahaan akan memancing tindakan balasan dari konsumen dan masyarakat dan akan sangat kontra produktif,misalnya melalui gerakan pemboikotan, larangan beredar, larangan beroperasi. Hal ini akan dapat menurunkan nilai penjualan maupun nilai perusahaan. Sedangkan perusahaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika pada umumnya perusahaan yang memiliki peringkat kepuasan bekerja yang tinggi pula, terutama apabila perusahaan tidak mentolerir tindakan yany tidak etis misalnya diskriminasi dalam sistem remunerasi atau jenjang karier. Karyawan yang berkualitas adalah aset yang paling. berharga bagi perusahaan oleh karena itu semaksimal mungkin harus tetap dipertahankan. Kasus yang paling populer adalah Enron, Enron adalah perusahaan yang sangat bagus. Sebagai salah satu perusahaan yang menikmati booming industri energi di tahun 1990an, Enron sukses menyuplai energi ke pangsa pasar yang begitu besar dan memiliki jaringan yang luar biasa luas. Enron bahkan berhasil menyinergikan jalur transmisi energinya untuk jalur teknologi informasi.
Kalau dilihat dari siklus bisnisnya, Enron memiliki profitabilitas yang cukup menggiurkan. Seiring booming industri energi, Enron memosisikan dirinya sebagai energy merchants: membeli natural gas dengan harga murah, kemudian dikonversi dalam energi listrik, lalu dijual dengan mengambil profit yang lumayan dari markup sale of power atau biasa disebut “spark spread“. Sebagai sebuah entitas bisnis, Enron pada awalnya adalah anggota pasar yang baik, mengikuti peraturan yang ada di pasar dengan sebagaimana mestinya. Pada akhirnya, Enron meninggalkan prestasi dan reputasi baik tersebut. Sebagai perusahaan Amerika terbesar ke delapan, Enron kemudian tersungkur kolaps pada tahun 2001. Tepat satu tahun setelah California energy crisis..Dalam waktu sangat singkat perusahaan yang tahun lalu masih membukukan pendapatan US$100 miliar, sekonyong-konyong harus melaporkan kebangkrutannya kepada otoritas pasar modal. Sebagai entitas bisnis, nilai kerugian Enron diperkirakan mencapai US$ 50 miliar. Sementara itu, pelaku pasar modal kehilangan US$ 32 miliar dan ribuan pegawai Enron harus menangisi amblasnya dana pensiun mereka tak kurang dari US$ 1 miliar. Saham Enron yang pada Agustus 2000 masih berharga US$ 90 per lembar, terjerembab jatuh hingga tidak lebih dari US$ 45 sen. Tidak heran kalau banyak kalangan menyebut peristiwa ini sebagai kebangkrutan terbesar dalam sejarah bisnis. Sedemikian hebohnya, sampai-sampai seluruh media bisnis dan ekonomi terkemuka menempatkannya sebagai cover story.Dalam proses pengusutan sebab-sebab kebangkrutan itu, belakangan Enron dicurigai telah melakukan praktek window dressing. Manajemen Enron telah menggelembungkan (mark up) pendapatannya US$ 600 juta, dan menyembunyikan utangnya sejumlah US$ 1,2 miliar.Menggelembungkan nilai pendapatan dan menyembunyikan utang senilai itu tentulah tidak bias dilakukan sembarang orang. Diperlukan keahlian "akrobatik" yang tinggi dari para professional yang bekerja pada atau disewa oleh Enron untuk menyulap angka-angka, sehingga selama bertahun-tahun kinerja keuangan perusahaan ini tampak tetap mencorong. Dengan kata lain, telah terjadi sebuah kolusi tingkat tinggi antara manajemen Enron, analis keuangan, para penasihat hukum, dan auditornya. Komplikasi skandal ini bertambah, karena belakangan diketahui banyak sekali pejabat tinggi yang pernah menerima kucuran dana politik dari perusahaan ini.Dalam Komite yang membidangi energi, 19 dari 23 anggotanya juga termasuk yang menerima sumbangan dari perusahaan itu. Sementara itu, tercatat 35 pejabat penting pemerintahan George W. Bush merupakan pemegang saham Enron, yang telah lama merupakan perusahaan publik. Dalam daftar perusahaan penyumbang dana politik, Enron tercatat menempati peringkat ke-36, dan penyumbang peringkat ke-12 dalam penggalangan dana kampanye Bush. Akibat pertalian semacam itu, banyak orang curiga pemerintahan Bush dan para politisi telah dan akan memberikan perlakuan istimewa, baik dalam bisnis Enron selama ini maupun dalam proses penyelamatan perusahaan itu. Seleksi alam akhirnya berlaku. Perusahaan yang bagus akan mendapat reward, sementara yang buruk akan mendapat punishment. Termasuk juga pihak-pihak yang mendukung tercapainya hal tersebut — dalam hal ini Arthur Andersen.Masyarakat akhirnya juga lebih aware terhadap pasar modal. Pemerintah pun juga makin hati-hati dalam melakukan pengawasan. Penyempurnaan terhadap sistem terus dilakukan. Salah satunya adalah lahirnya Sarbanes-Oxley Act. Akibat mendzolimi pelaku pasar lainnya, Enron akhirnya terkapar karena melakukan penipuan dan penyesatan. Pun bagi “Enron-wannabe” lainnya, perlu berpikir ulang dua-tiga kali untuk melakukan hal serupa. Pelajaran yang dapat diambil dari megaskandal ini. Pertama, cepat atau lambat sebuah persekongkolan jahat pasti akan terbongkar. Kebohongan hanya bisa ditutupi secara permanen apabila si pelaku mampu secara permanen dan terus-menerus melakukan kebohongan lainnya. Dalam sebuah sistem terbuka seperti organisasi Enron, sulit untuk melakukan kebohongan itu secara terus-menerus, karena pelaku organisasi dalam tubuh Enron datang silih berganti. Dalam kasus Enron, seorang eksekutif yang berani telah membongkar semua persekongkolan itu. Kedua, kasus-kasus kejahatan ekonomi tingkat tinggi selalu saja mengorbankan kepentingan orang banyak. Segelintir petinggi Enron dan sejumlah pihak yang tahu betul dan ikut merekayasa permainan ini, tentulah menerima manfaat keuangan dalam jumlah besar secara tidak etis. Keserakahan segelintir profesional yang memanfaatkan ketidaktahuan dan keawaman banyak orang telah menyimpan bencana yang mencelakakan banyak pihak: ribuan pekerja, pemegang saham, para pemasok, kreditor, dan pihak-pihak lainnya.Ketiga, terbongkarnya praktek persekongkolan tingkat tinggi ini menjadi bukti bahwa praktek bisnis yang bersih dan transparan akan lebih langgeng (sustainable). Prinsip-prinsip tata kelola korporasi yang baik (good corporate governance), saat ini boleh jadi menjadi cibiran di tengah situasi yang serba semrawut. Tetapi berusaha secara transparan, fair, akuntabel, seraya menjaga keseimbangan lingkungan, kiranya merupakan sikap yang lebih bertanggung jawab. Berkaca pada contoh kasus di atas, sudah saatnya kita merenungkan kembali cara pandang lama yang melihat etika dan bisnis berasal dari dua dunia yang berbeda. Penerapan standar etika yang tinggi di perusahaan sebenarnya mampu memberikan keuntungan dalam dua hal sekaligus. Selain untuk membangun corporate image dan reputasi yang bagus, perusahaan juga bisa memandang penerapan standar etika yang tinggi sebagai bagian dari risk management untuk mengurangi resiko jangka panjang perusahaan.Peran masyarakat, terutama melalui pemerintah, pasar modal, badan-badan pengawasan, LSM, media, dan konsumen yang kritis sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan standar etika bisnis di Indonesia. Sangat disesalkan, misalnya, kasus penggunaan bahan berbahaya pada obat anti-nyamuk HIT hanya mendapatkan porsi berita ala kadarnya dan seolah-olah berhenti begitu saja.

  1. Apa saja keputusan bisnis yang akan Saudara buat sebagai manajer yang memiliki dimensi etika dan Teknologi Informasi ? Berikan beberapa contoh untuk mengilustrasikan jawaban Saudara.
Sebagai seorang yang profesional, kita mempunyai tanggung jawab untuk mempromosikan etika penggunaan teknologi informasi di tempat kerja. Kita mempunyai tanggung jawab manajerial. Kita harus menerima tanggung jawab secara etis seiring dengan aktivitas pekerjaan. Hal itu termasuk melaksanakan peran kita dengan baik sebagai suatu sumber daya manusia yang penting di dalam sistem bisnis dalam organisasi. Sebagai seorang manajer atau pebisnis profesional, akan jadi tanggung jawab kita untuk membuat keputusan-keputusan tentang aktivitas bisnis dan penggunaan teknologi informasi, yang mungkin mempunyai suatu dimensi etis yang harus dipertimbangkan.
Teknologi Informasi mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Karena TI ibarat pisau bermata dua, legal dan ilegal, baik dan buruk, maka mau tak mau berhubungan dengan etika.
Merupakan hal yang penting untuk mengetahui bahwa hal yang tidak etis belum tentu ilegal. Jadi, dalam kebanyakan situasi, seseorang atau organisasi yang dihadapkan pada keputusan etika tidak mempertimbangkan apakah melanggar hukum atau tidak.
Banyaknya aplikasi dan peningkatan penggunaan TI telah menimbulkan berbagai isu etika, yang dapat dikategorikan dalam empat jenis:

§  Isu privasi
Rahasia pribadi yang sering disalahgunakan orang lain dengan memonitor e-mail, memeriksa komputer orang lain, memonitor perilaku kerja (kamera tersembunyi). Pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi mengenai berbagai individu/pelanggan dan menjualnya kepada pihak lain untuk tujuan komersial. Privasi informasi adalah hak untuk menentukan kapan, dan sejauh mana informasi mengenai diri sendiri dapat dikomunikasikan kepada pihak lain. Hak ini berlaku untuk individu, kelompok, dan institusi.


§  Isu akurasi
Autentikasi, kebenaran, dan akurasi informasi yang dikumpulkan serta diproses. Siapa yang bertanggung jawab atas berbagai kesalahan dalam informasi dan kompensasi apa yang seharusnya diberikan kepada pihak yang dirugikan?

§  Isu properti
Kepemilikan dan nilai informasi (hak cipta intelektual). Hak cipta intelektual yang paling umum berkaitan dengan TI adalah perangkat lunak. Penggandaan/pembajakan perangkat lunak adalah pelanggaran hak cipta dan merupakan masalah besar bagi para vendor, termasuk juga karya intelektual lainnya seperti musik dan film.

§  Isu aksesibilitas
Hak untuk mengakses infomasi dan pembayaran biaya untuk mengaksesnya. Hal ini juga menyangkut masalah keamanan sistem dan informasi.

Salah satu alasan sulitnya menegakkan etika di dunia TI adalah karena relatif barunya bidang ini. Tak seperti dunia kedokteran yang usianya sudah ratusan abad, bidang TI adalah profesi baru. Walaupun ada juga yang melanggar, dalam dunia kedokteran, etika profesi sangat dijunjung tinggi. Ini jauh berbeda dengan dunia TI, di mana orang sangat mudah melanggar etika. Orang masih meraba-raba batasan antara inovasi, kreatifitas, dan pelanggaran etika. Apalagi dunia ini hampir sepenuhnya digeluti oleh anak-anak muda yang kerap mengabaikan persoalan moralitas yang abu-abu.

  1. Berikan beberapa contoh penyalahgunaan Internet di tempat kerja !
Pengaturan akses internet di tempat kerja adalah tindakan keseimbangan halus. web yang menyediakan karyawan dengan informasi berharga dan alat-alat yang meningkatkan produktivitas dan daya saing, tetapi juga dapat menghancurkan produktivitas bisnis dengan pasokan yang terus-menerus permainan, download, webmail, situs komunitas dan pengecer online. Bukti penyalahgunaan web dramatis. Lebih dari setengah responden ke America Online dan Gaji. com survei dikutip web surfing sebagai gangguan kerja terbesar mereka. Walaupun survei lain mengungkapkan dalam penyalahgunaan akses web sebagai masalah keamanan yang paling lazim.

Risiko
Terbuang waktu dan produktivitas adalah dua resiko yang jelas dari penyalahgunaan web, namun mereka bukan hanya bahaya.

Tuntutan hukum
§  Karyawan surfing situs pornografi di tempat kerja dapat membuat persepsi dari pelecehan seksual dan lingkungan kerja yang bermusuhan. Dalam beberapa kasus pornografi telah menyebabkan organisasi dituntut, sedangkan implikasi hukum pornografi anak melihat bahkan lebih serius. risiko hukum lainnya dapat berasal dari:

§  Men-download konten bajakan dan menggunakan situs jaringan social

§  Menggunakan email berbasis web atau blog untuk mengungkapkan informasi pribadi atau perusahaan sensitif atau merusak reputasi karyawan lain.

§  Sumber Daya penyalahgunaan

Terlalu sering menggunakan video feed, download musik, game, dan aplikasi-bandwidth tinggi lainnya dapat mempengaruhi organisasi dalam dua cara:
a.       Jaringan kinerja secara signifikan lebih lambat
Desktop dan server ruang hard disk penuh, menghasilkan teknologi pengeluaran yang tidak perlu.
Kebijakan Web Efektif:
produktivitas staf dan memastikan kepatuhan hukum. Malware
Sebagai perusahaan telah menjadi lebih efektif memblokir email-ditanggung virus, hacker semakin beralih ke website sebagai sarana untuk menginfeksi pengguna dengan malware yang mencuri informasi rahasia atau yang membangun botnet (jaringan komputer dibajak digunakan untuk mendistribusikan spyware dan virus). Pada awal 2008 diperkirakan bahwa halaman web yang terinfeksi dengan laju 6000 per hari, atau satu setiap 14 detik.

b.      Tantangan Komplek
Akses Internet di tempat kerja merupakan sebuah berkat dan kutuk, dan menciptakan kebijakan penggunaan web tidak langsung. Karyawan berharap untuk menggunakan web untuk penggunaan pribadi, sementara majikan harus menerapkan beberapa kendala browsing untuk mencegah penyalahgunaan dan memastikan produktivitas. Cukup penerbitan suatu paket polis untuk seluruh organisasi berdasarkan definisi generik dan daftar situs yang terlarang mungkin untuk menjalankan perlawanan dari staf bekerja tidak puas.

Banyak organisasi menemukan batas antara web yang sesuai dan tidak pantas digunakan sulit untuk menentukan. Apa bisnis menggunakan diterima untuk satu karyawan akan sepenuhnya tidak dapat diterima bagi orang lain. Sebagai contoh, departemen pemasaran telah sukses besar dalam memanfaatkan situs jaringan sosial seperti Facebook dan MySpace untuk memantau pasar dan membangun hubungan dengan pelanggan saat ini dan potensi. Beberapa perusahaan, termasuk IBM dan Circuit City, bahkan mendirikan kehadiran pada lingkungan virtual seperti Second Life. Larangan selimut situs tersebut bisa, karena itu, menjadi kontraproduktif untuk kepentingan bisnis yang lebih luas, karena bisa memberikan akses kepada mereka selimut.

Pekerjaan / kehidupan pribadi tumpang tindih
Sebagai pekerjaan menjadi semakin mobile, pemisahan antara kerja dan kehidupan pribadi kurang kaku. Karyawan mengharapkan beberapa fleksibilitas pribadi di kantor di ganti dengan harapan bahwa mereka bekerja lebih lama, dibawa pulang bekerja dan tetap berhubungan selama akhir pekan dan liburan. Bahkan, banyak perusahaan menggunakan fleksibilitas seperti insentif perekrutan. peraturan yang berlebihan penggunaan internet pribadi dapat menjadi penghalang rekrutmen, berkembang biak moral rendah, yang keduanya dapat menyebabkan daya saing berkurang.

Membangun kebijakan yang bisa diterapkan

Teknologi kesadaran sangat bervariasi pada sebagian besar organisasi, seperti halnya bisnis memahami dampak dari penyalahgunaan internet. Sebagian besar karyawan tahu secara naluriah bahwa menonton YouTube selama jam kerja waktu limbah, tetapi banyak yang tidak akan memahami keamanan sebenarnya, produktivitas, bandwidth dan implikasi hukum.

Komunikasi
Langkah pertama dalam membuat kebijakan penggunaan web yang efektif adalah mendidik karyawan tentang penyalahgunaan web dapat memiliki efek pada suatu organisasi. Komunikasi harus mencakup SDM dan manajemen senior di samping IT. Hal ini juga harus dua arah, dengan staf dan unit usaha didorong untuk mengidentifikasi aplikasi atau situs Web yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Karyawan mengharapkan beberapa fleksibilitas pribadi di kantor di ganti dengan harapan bahwa mereka bekerja lebih lama.
Kebijakan Web Efektif: produktivitas staf dan memastikan kepatuhan
hukum
Sesuai kebijakan untuk filsafat
Sebuah kebijakan penggunaan web harus cocok dengan tujuan-tujuan organisasi dan filsafat. Organisasi yang menyediakan karyawan dengan peluang dalam cara mereka melakukan pekerjaan mereka akan lebih baik dilayani oleh sebuah kebijakan yang menetapkan harapan dan hasil, semangat mereka dan menekankan alasan di belakang mereka. Di sisi lain, organisasi yang beroperasi struktur manajemen top-down yang menetapkan tugas granularly akan mendapatkan keuntungan dari peraturan perundang-undangan.
Banyak organisasi berada di suatu tempat di antara, sementara beberapa bervariasi menurut tingkat manajemen atau unit bisnis, dan kebijakan perlu cermin perbedaan-perbedaan ini.

Keep it simple

Terlepas dari filosofi organisasi, kebijakan tersebut harus ditulis dalam ringkas dan mudah untuk mengikuti mode. Bahasa harus sederhana dan konsep-konsep yang relevan untuk masing-masing departemen yang berbeda. Hal ini juga dapat berguna untuk lay out serangkaian prinsip-prinsip luas sebelum berkonsentrasi pada rincian yang lebih halus.

Menegakkan kebijakan

Bahkan organisasi dengan budaya informal perlu untuk menegakkan web kebijakan penggunaan mereka, yang mereka dapat lakukan melalui web kontrol penyaringan. Sistem Monitoring harus menggunakan layar alert yang menginformasikan karyawan jika mereka dilarang mengakses situs Web atau melakukan suatu yang tidak sah.


SESSION 15-16 Topic : Data and Knowledge Management

1.          Bagaimana seharusnya sebuah perusahaan menyimpan, mengakses, dan mendistribusikan data serta informasi mengenai operasi internal dan lingkungan eksternal mereka ?
Sebuah perusahaan seharusnya menyimpan, mengakses, dan mendistribusikan data serta informasi mengenai operasi internal dan lingkungan ekternal dengan melakukan akses kontrol pada sistem informasi dan jaringan yang terkait juga merupakan hal penting untuk menjaga confidentiality, integrity, dan availability.

·         Confidentiality atau kerahasiaan memastikan bahwa informasi tidak terbuka ke individu, program atau proses yang tidak berhak. Beberapa informasi mungkin lebih sensitif dibandingkan informasi lainnya dan memerlukan level kerahasiaan yang lebih tinggi. Mekanisme kontrol perlu ditempatkan untuk mendata siapa yang dapat mengakses data dan apa yang orang dapat lakukan terhadapnya saat pertama kali diakses. Aktivitas tersebut harus dikontrol, diaudit, dan dimonitor.
-          Beberapa tipe informasi yang dipertimbangkan sebagai informasi rahasia adalah misalnya catatan kesehatan, informasi laporan keuangan, catatan kriminal, kode sumber program, perdagangan rahasia, dan rencana taktis militer.
-          Sedangkan beberapa mekanisme yang memebrikan kemampuan kerahasiaan sebagai contoh yaitu enkripsi, kontrol akses fisikal dan logikal, protokol transmisi, tampilan database, dan alur trafik yang terkontrol.
Bagi suatu institusi (skala besar, menengah maupun kecil), adalah merupakan hal penting untuk mengidentifikasi data dan kebutuhan-kebutuhan yang terklasifikasi sehingga dapat dipastikan bahwa suatu peringkat prioritas akan melindungi data dan informasi serta terjaga kerahasiaannya. Jika informasi tidak terklasifikasi maka akan diperlukan banyak waktu dan biaya yang dikeluarkan saat mengimplementasikan besaran yang sama pada tingkat keamanan untuk informasi kritis maupun informasi tidak penting.

·         Integrity memiliki tujuan mencegah modifikasi pada informasi oleh user yang tidak berhak, mencegah modifikasi yang tidak sengaja atau tidak berhak pada informasi oleh orang yang tidak berkepentingan, dan menjaga konsistensi internal maupun eksternal. Konsistensi internal memastikan bahwa data internal selalu konsisten. Misalnya, diasumsikan sebuah database internal memiliki jumlah unit suatu komponen tertentu pada tiap bagian suatu organisasi. Jumlah bilangan dari komponen di tiap bagian tersebut harus sama dengan jumlah bilangan komponen pada database yang terekam secara internal pada keseluruhan organisasi. Konsistensi eksternal menjamin bahwa data yang tersimpan pada database konsisten dengan fisiknya. Sebagai contoh dari konsistensi internal di atas, konsistensi eksternal berarti bahwa besarnya komponen yang tercatat pada database untuk setiap bagian adalah sama dengan banyaknya komponen secara fisik di tiap bagian tersebut. Informasi juga harus akurat, lengkap, dan terlindungi dari modifikasi yang tidak berhak. Ketika suatu mekanisme keamanan memberikan integritas, ia akan melindungi data dari perubahan yang tidak lazim, dan jika memang terjadi juga modifikasi ilegal pada data tersebut maka mekanisme keamanan harus memperingatkan user atau membatalkan modifikasi tersebut.

·         Availability (ketersediaan) memastikan bahwa untuk user yang berhak memakai sistem, memiliki waktu dan akses yang bebas gangguan pada informasi dalam sistem. Informasi, sistem, dan sumberdaya harus tersedia untuk user pada waktu diperlukan sehingga produktifitas tidak terpengaruh. Kebanyakan informasi perlu untuk dapat diakses dan tersedia bagi user saat diminta sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas dan memenuhi tanggung jawab pekerjaan mereka. Melakukan akses pada informasi kelihatannya tidak begitu penting hingga pada suatu saat informasi tersebut tidak dapat diakses. Administrator sistem mengalaminya saat sebuah file server mati atau sebuah database yang pemakaiannya tinggi tiba-tiba rusal untuk suatu alasan dan hal lainnya. Fault tolerance dan mekanisme pemulihan digunakan untuk menjamin kontinuitas ketersediaan sumberdaya. Produktifitas user dapat terpengaruh jika data tidak siap tersedia. Informasi memiliki atribut-atribut yang berbeda seperti akurasi, relevansi, sesuai waktu, privacy, dan keamanan. Mekanisme keamanan yang berbeda dapat memberikan tingkat kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan yang berbeda pula. Lingkungan, klasifikasi data yang dilindungi, dan sasaran keamanan perlu dievaluasi untuk menjamin mekanisme keamanan yang sesuai dibeli dan digunakan sebagaimana mestinya.

Tujuan kontrol akses lainnya adalah reliability dan utilitas. Tujuan-tujuan tersebut mengalir dari kebijakan keamanan suatu organisasi. Kebijakan ini merupakan pernyataan tingkat tinggi dari pihak manajemen berkaitan dengan kontrol pada akses suatu informasi dan orang yang berhak menerima informasi tersebut.
Tiga hal lainnya yang patut dipertimbangkan untuk perencanaan dan implementasi mekanisme kontrol akses adalah ancaman pada sistem (threats), kerawanan sistem pada ancaman (vulnerabilities), dan resiko yang ditimbulkan oleh ancaman tersebut.
·         Ancaman (threats) adalah suatu kejadian atau aktivitas yang memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan pada sistem informasi atau jaringan.
·         Kerawanan (vulnerabilities) adalah kelemahan atau kurangnya penjagaan yang dapat dimanfaatkan oleh suatu ancaman, menyebabkan kerusakan pada sistem informasi atau jaringan.
·         Resiko adalah potensi kerusakan atau kehilangan pada sistem informasi atau jaringan; kemungkinan bahwa ancaman akan terjadi.

2.          Peran apa yang diperankan oleh manajemen database dalam mengelola data sebagai sumber daya data ?
Manajemen Database berperan sebagai explorer, jadi orang-orang yang berada di MB harus mengetahui segala informasi yang didatanya. Manajemen Database juga berperan sebagai juru kunci, ibaratkan perpustakaan meraka adalah guidenya, dimana buku-buku yg disimpan dapat mereka temukan dengan mudah.

3.          Apa saja kelebihan dari pendekatan manajemen database dibandingkan pendekatan pemrosesan file ? Berikan berbagai contoh untuk mengilustrasikan jawaban Saudara !
Kelebihan dari pendekatan manajemen database dibandingkan pendekatan pemrosesan file adalah sebagai berikut :
a.       Independensi data
DBMS menyediakan pendekatan yang membuat perubahan dalam data tidak membuat program harus diubah.

b.      Pengaksesan yang efisien terhadap data
DBMS menyediakan berbagai teknik yang canggih sehingga penyimpanan dan pengambilan data dilakukan secara efisien.

c.       Keamanan dan integritas data
Karena data dikendalikan oleh DBMS, DBMS dapat melakukan kendala integritas terhadap data. Segala sesuatu yang tidak sesuai dengan definisi suatu field dan kekangan yang melekat pada field akan ditolak. Sebagai contoh, jika field Jenis_Kelamin dinyatakan berupa P atau W, maka penyimpanan L ke field tersebut dengan sendirinya akan ditolak oleh DBMS.

d.      Administrasi data
Jika sejumlah pemakai berbagi data, pemusatan administrasi dapat meningkatkan perbaikan yang sangat berarti. Dengan cara seperti ini, duplikasi atau redudansi data dapat diminimalkan.

e.      Akses bersamaan dan pemulihan terhadap kegagalan
DBMS menyediakan mekanisme sehingga data yang sama dapat diakses oleh sejumlah orang dalam waktu yang sama. Selain itu, DBMS melindungi pemakai dari efek kegagalan sistem. Jika terjadi kegagalan sistem, DBMS dapat mengembalikan data sebagaimana kondisi saat sebelum terjadi kegagalan.

f.        Waktu pengembangan aplikasi terpendek
DBMS menawarkan banyak fasilitas yang memudahkan dalam menyusun aplikasi sehingga waktu pengembangan aplikasi dapat diperpendek.

Beberapa contoh DBMS yang terkenal dapat dilihat pada tabel sebagai berikut :

DBMS
Vendor
Access
Microsoft Corporation
DB2
IBM
Informix
Ibm
Ingres
Computer Associate
MySQL
The MySQL AB Company
Oracle
Oracle Corporation
Sybase
Sybase Inc.
Microsoft SQL Server
Microsoft Corporation
Visual dBASE
Borland
Visual FoxPro
Microsoft Corporation


4.          Apa saja manfaat dan keterbatasan dari model database relasional untuk aplikasi bisnis saat ini?
Model database relasional adalah model data yang paling banyak digunakan saat ini. Pembahasan pokok pada model ini adalah relasi, yang dimisalkan sebagai himpunan dari record. Deskripsi data dalam istilah model data disebut skema. Pada model relasional, skema untuk relasi ditentukan oleh nama, nama dari tiap field (atau atribut atau kolom), dan tipe dari tiap field.
a.       Obyek Relational Database Management Systems memastikan kapasitas penyimpanan yang besar,yang merupakan bagian penting dalam pembangunan berbasis web
b.      Kecepatan akses cukup cepat.
c.       ORDBMSs memiliki skalabilitas besar-besaran.
d.      ORDBMSs membanggakan kekuatan manipulasi database yang sangat baik dari objek.
e.      Mendukung objek dengan menambahkan fungsi API yang terpisah dan subsistem server.
f.        Redesigns mesin database sepenuhnya.
g.       Mendukung jenis data yang kaya dengan menambahkan lapisan berorientasi objek baru.
Selain dari manfaat, objek sistem manajemen basis data relasional memiliki beberapa kelemahan. Salah satu keterbatasannya adalah ketidakmampuan untuk aplikasi internet berkecepatan tinggi. Namun, ORDBMSs dirancang untuk mengelola sejumlah besar informasi, merupakan aspek penting dalam pengembangan situs web. IDC berpendapat bahwa kasus pasar ORDBMS memiliki potensi untuk melampaui ukuran ODBMS dalam beberapa tahun mendatang dalam pembangunan berbasis web.

5.          Mengapa model database yang berorientasi pada objek mendapatkan penerimaan untuk pengembangan aplikasi dan mengelola database hypermedia dalam situs Web Bisnis ?
Model database yang berorientasi pada objek mendapatkan penerimaan untuk pengembangan aplikasi dan mengelola database hypermedia dalam situs Web Bisnis karena database hypermedia ini adalah kumpulan dari halaman-halaman multimedia yang saling berhubungan di sebuah situs web. Mereka terdiri dari home page dan halaman hyperlink lain dari multimedia atau campuran media seperti teks, grafik, gambar foto, klip video, audio dll. Pengembangan aplikasi dalam situs Web Bisnis dapat berjalan dengan baik dan dioperasikan dengan lancar dengan model database seperti itu.

6.          Bagaimana Internet, ekstranet dan intranet telah mempengaruhi berbagai jenis dan penggunaan sumber daya yang tersedia bagi para praktisi bisnis ? Trend database lain apa saja yang juga mempengaruhi manajemen sumber daya data dalam bisnis ?
Telekomunikasi dan teknologi jaringan bekerja dengan menggunakan internet dan merevolusi bisnis dan masyarakat. Bisnis telah menjadi perusahaan berjaringan (networked enterprises). Internet, web, intranet, dan ekstranet membentuk jaringan proses bisnis dan karyawan secara besamaan, dan menghubungkan mereka dengan pelanggan. Tren dalam komunikasi
telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam bentuk apapun (suara , data, teks, gambar, audio ,video) melalui jaringan berbasis komputer.

CONTOH :
Penggunaan intranet sebetulnya tergantung dari bentuk organisasi penggunannya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, sutu instansi perpustakaan atau departemen lainnya. Dengan memahami kerja organisasi tersebut maka mempermudah model disain intranet yang kan digunakan.
Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak digunakan untuk:
a.       OPAC (online public catalouge) atau katalog online yang dapat diakses di seluruh
b.      Raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan
c.       Membrikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna, contohnya jurnal kedok
d.      Tran online medica hanya bisa di akses di perpustakaan kedokteran.
-          Informasi sistem service, dan lain-lain.
-          Sistem sirkulasi online


SESSION 17-18 Topic : Network Computing

 

1)      Akses situs web universitas Anda. Apakah situs web memberikan informasi berkualitas tinggi (jumlah yang benar, jelas, akurat, dll)? Iya.
Apakah Anda pikir seorang siswa SMA yang mengunjungi web universitas Anda akan merasakan hal yang sama? Kemungkinan besar, iya. Karena sebagai seorang siswa yang sedang mencari universitas mana yang bagus untuk melanjutkan pendidikan dapat dilihat dari tampilan websitenya, informasi yang disediakan, dan kejelasan dari informasi tersebut serta pelayanan dari admisi universitas dalam web tersebut.
Menurut Saya telah memberikan Kualitas informasi yang sangat bagus dapat dilihat didalam situs tersebut terdapat beberapa fasilitas seperti :
§  Recent news : Dimana Mahasiswa dapat melihat event yang diadakan oleh BiNus University, sehingga para Mahasiswa dapat Up To Date dan dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai acara tersebut.
§  Jadwal Perkuliahan : Dimana para Mahasiswa dapat melihat kalender Akademis dan jadwal kuliah mereka karena BiNus Menerapkan Moving Class.
§  Nilai : Mahasiswa dapat mengakses Binus Maya untuk melihat nilai mereka sehingga privacy nilai terjamin.
§  Pertanyaan : Dimana Mahasiswa dapat bertanya mengenai informasi perkuliahan.
Dengan adanya website tersebut Saya pikir, para Remaja SMA yang ingin masuk ke BiNus akan semakin tertarik dengan adanya kemudahan seperti hal tersebut.

2)      Akses situs web dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika (www.riaa.com). Diskusikan apa yang Anda temukan di sana tentang pelanggaran hak cipta (yaitu men-download file musik). Bagaimana perasaan Anda tentang upaya RIAA untuk menghentikan download musik? Debat masalah ini dari sudut pandang Anda dan dari titik pandang RIAA.
Recording Industry Association of America (RIAA) mengajukan tuntutan terhadap tiga perusahaan yang produk dan jasanya terkait dengan MP3 (Motion Picture Experts layer III) dengan tuduhan bertanggungjawab terhadap pelanggaran hak cipta yang telah dilakukan oleh para konsumennya. Recording Industry Association of America (RIAA) sendiri mendalilkan bahwa banyak perusahaan rekaman yang kehilangan keuntungan ratusan juta dolar Amerika akibat pembajakan yang difasilitasi oleh MP3 (Motion Picture Experts layer III). Salah satu perusahaan tersebut adalah Napster. Cara pendistirbusian file MP3 (Motion Picture Experts layer III) yang dilakukan Napster berbeda dengan perusahaan lainnya. Disamping dia menyimpan dikomputer utama (server), lagu-lagu lainnya tersimpan dikomputer milik penggunanya yang di sharing secara online. Inilah yang dikenal dengan konsep peer to peer sharing (P2P). Dimana pada saat kita ingin mendownload lagu dengan menggunakan Napster, kita mendownload lagu tersebut bukan dari harddisk nya Napster, melainkan langsung dari harddisk komputer seseorang yang menyimpan konten yang kita inginkan. Orang itu bisa saja tetangga kita atau seseorang yang jauh dibelahan dunia lain.
Menurut Saya mengenai suatu Usaha RIAA untuk menghentikan Music download sangat bagus. Karena seperti yang tertulis disana pembajakan lagu menyebabkan pendapatan Negara berkurang hampir $12.5 Miliar dan pendapatan pegawai $2,7 Milliar. Aktifitas yang dilakukan oleh RIAA sudah sangat didukung oleh Pemerintah tetapi menurut Saya hal tersebut bukannlah permasalahannya, banyak website yang menawarkan Music Download dengan tidak memungut biaya atau membayar suatu pajak yang disebabkan marak nya Hacker yang membajak Lagu tersebut tanpa ijin dan mengedarkannya ke Masyarakat Luas. Jadi lebih baik Pembajakan terlebih dahulu di konsentrasikan kepada para pembajak lagu.

3)      Mengakses situs web perusahaan memasuki pasar satelit dan mendapatkan informasi terbaru mengenai status konstelasi satelit mereka. Siapkan laporan tentang status konstelasi saat ini.

§  Aguila
Aguila-II membawa 30 C-band transponder dengan 27 watt amplifier dan 24 Ku-band transponder dengan 110 watt amplifier. Kapasitas ini lebih dari cukup untuk dapat meneruskan 50000 percakapan dua arah pada saat yang bersaan dan 190 saluran program televise digital.
Pesawat antariksa tepatnya terletak pada 144 0 garis lintang timur. Satelit control Aguila dan fasilitas manajemen terletak di ruang tengah MPSC di perlabuhan teluk Subic zona bebas. Kapasitas C-band Aguila-II juga memberi pemakai fasilitas suara dan data yang modern, dimana pemakai dapat mengakses internet dengan kemampuan koneksi hamper 15 Mbps. Pemancar Satelit C-band melingkupi Bangladesh , Cina , Hawaii , India , Jepang , Pakistan ,Filipina, dan Asia Tenggara. Sedangkan pemancar satelit Ku-band melingkupi zona Taiwan yang terdiri dari sebagian besar Cina dan Vietnam , serta seluruh kepulauan Filipina.

§  Garuda 1
Satelit garuda 1 adalah koneksi telekomunikasi antara pemakai dengan pusat control Network untuk mendapat sinyal. Satelit garuda 1 memiliki 2 antena L-band dengan diameter 12 meter untuk berkomunikasi dengan terminal pemakai (lingkup area Asia PAsifik hingga 140 tempat pemancar). Satelit ini sudah diorbitkan selama masa hidup 14 tahun dan menghabiskan 3,7 tahun pertamanya di orbit inclined. Satelit ini mempunyai dua sumber kekuatan, yang sering disebut dengan solar array, yang dapat mengkonversi energi solar menjadi listrik dan baterai, digunakan ketika solar array berada di bumi.
Jejak Satelit Garuda 1 meliputi area Asia, beberapa diantaranya adalah : Bangladesh, Bhutan, Cina, Cambodia, Hongkong, India, Indonesia, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Papua, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Timor-timur, Vietnam.

§  Palapa C
Diluncurkan pada bulan Januari tahun 1996. Satelit Palapa C1 menggantikan satelit palapa B2P yang terletak pada 1330 garis lintang timur. Palapa C1 membawa 30 C-band transponder, dimana masing-masing transponder memiliki bandwidth sebesar 36 MHz, dan 4 Ku-band transponder, dimana masing-masing transponder memiliki bandwidth sebesar 72 MHz. Palapa C1 tidak hanya mentransmit dengan menggunakan frekuensi band spectrum C dari 3.7 GHz sampai 4.2 GHz tetapi juga dapat mentransmit dengan menggunakan frekuensi yang lebih rendah dari 3.4 GHz sampai 3.68 GHz. Frekuensi spectrum Ku-band yang digunakan oleh satelit Palapa C1 berkisar dari 10.95 sampai 11.7 GHz.
Palapa C mempunyai 2 buah pemancar gelombang C, yang satu berpusat di Asia Tenggara, dan yang satunya memiliki jangkauan dari Asia Tenggara sampai jauh ke selatan dan timur Australia dan New Zealand . Sebanyak 24 dari 30 transponder satelit akan beroperasi melalui salah satu dari 2 buah pemancar gelombang ini. 6 transponder lainnya akan memperluas pemancar gelombang C yang dimana akan melingkupi Guam, Hongkong, Jepang, Macao, Singapura, Malaysia, Taiwan, dan Thailand.


SESSION 19-20 Topic : E-Business and E-Commerce

 

1)      Bagaimana sistem seperti CRM (Customer Relationship Management), dengan tingkat kegagalan tinggi, meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggannya?
Sistem CRM dapat meningkatkan hubungan perusahaan dengan para pelanggannya dengan cara lebih memahami dan mempersiapkan CRM tsb, contoh : meng implementasikan sistem CRM kepada pihak pihak yang berkepentingan dengan perusahaan (Stakeholder), sehingga para karyawan dan pelanggan siap dengan proses atau tantangan baru yang merupakan bagian dari implementasi baru CRM.

2)      Bagaimana menghindari kegagalan dari ERP (Enterprise Resource Planning) sistem dalam bisnis?
Cara untuk menghindari beberapa kegagalan dari sistem ERP adalah mempersiapkan dengan baik perencanaan, pengembangan, dan pelatihan yang dibutuhkan untuk sistem ERP karena dengan adanya sistem ERP baru tersebut maka dapat mengubah secara radikal proses bisnis dan sistem informasi. Persiapan pada saat proses konversi tidak dapat dilakukan secara mendadak atau terlalu cepat karena itu butuh persiapan yang sangat matang dan tidak boleh dianggap remeh, disamping itu diperlukan juga pengujian atas sistem ERP tersebut agar pada saat sistem berjalan penuh tidak terdapat kesalahan yang fatal.

3)      Bagaimana sales force automation mempengaruhi penjualan produktivitas tenaga, manajemen pemasaran, dan keunggulan kompetitif?
Otomatisasi tenaga penjualan dapat mempengaruhi produktivitas tenaga penjualan, manajemen pemasaran, dan keunggulan kompetitif dengan cara :

§  Dalam Proses produksi:
a.       Mengurangi biaya produksi terutama dalam gaji pekerja
b.      Mengurangi kesalahan dalam proses produksi barang
c.       Mempercepat proses produksi

§  Dalam Pelayanan pelanggan:
a.       Memudahkan pelanggan dalam transaksi
b.      Meningkatkan kenyamanan pelanggan

§  Dalam Managemen
a.       Memudahkan manager dalam pencatatan data transaksi
b.       Mengurangi kesalahan dalam proses perhitungan dan pencatatan

4)      Bagaimana teknologi internet terlibat dalam proses perbaikan di salah satu fungsi bisnis? Kunjungi website perusahaan dan mengevaluasi seperti nilai yang diberikan.
Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi,penyedia informasi,dan fasilitas untuk promosi.Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi di seluruh dunia.Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak diseluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronic mail (E-mail).Selain fasilitas Electronic mail internet juga menyediakan fasilitas untuk ngobrol yang dalam internet disebut chatting.Kemampuan internet lainnya adalah Usenet ,yaitu forum yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagi informasi dan pemikiran mengenai suatu topk melalui bulettin elektronik.Dengan menggunakan forum ini,pengguna dapat mengirim pesan mngenai topik bersangkutan dan menerima tanggapan dari pihak lain.
Internet terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan,sehingga penggunaannya dapat meneliti ribuan data base yang terbuka untuk umum melalui jaringan tersebut yang disediakan oleh perusahaan,pemerintah ataupun niralaba.Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini untuk berbagai keperluan bisnisnya,sehingga bisa mengetahui kondisi lingkungan termasuk pesaing dan perkembangan kepentingan para stakeholder.Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer dan mencari file yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher,archie,dan wide area information servers.
Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai alat penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan,tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi.Sekarang ini banyak situs – situs yang melakukan penjualan barang dan jasa lewat internet,dan tentunya kita kalau ingin membeli harus memakai kartu kredit,jadi transaksi itu terjadi lewat internet.Kebanyakan orang di luar negeri seperti Amerika sering berbelanja produk atau barang lewat internet.Kalau dinegara kita masih jarang yang melakukan pembelian lewat internet yang ada penjualan,penyedia jasa dan penyedia informasi,apakah itu informasih tentang berita,informasi tentang pendidikan,atau lain- lainnya.

5)      Apa aplikasi e-bisnis yang Anda rekomendasikan ke perusahaan usaha kecil untuk membantu bertahan hidup dan berhasil dalam menantang masa ekonomi? Mengapa?
e-bisnis adalah Kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer.
Kegiatan e-bisnis :
       Pembelian secara elektronik (electronic purchasing)
       Manajemen rantai suplai (supply chain management)
       Pemrosesan order elektronik
       Penanganan dan pelayanan kepada pelanggan
       Kerja sama dengan mitra bisnis
       E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

E-BISNIS:
- Manage 2000
- Web-based pemprosesan order penjualan
- Produk perubahan kolaborasi
ENTERPRISE – WIDE INTEGRASI
- CRM
- Fax system
- System informasi eksekutif
PERENCANAAN
- Advanced Perencanaan dan penjadwalan (APS)
- Kapasitas persyaratan peencanaan
- Recuring Manufactur

6)      Asumsikan Anda tertarik untuk membeli mobil. Anda dapat menemukan informasi tentang mobil di berbagai situs Web. Akses lima dari mereka untuk informasi tentang pembiayaan mobil baru dan bekas,, dan asuransi. Tentukan mobil apa yang ingin Anda beli. Konfigurasi mobil Anda dengan pergi ke situs Web produsen mobil. Akhirnya, cobalah untuk menemukan mobil dari http://www.oto.co.id/infootomotif/reviewproduk.asp. Informasi apa yang paling mendukung proses pengambilan keputusan anda? Menulis laporan tentang pengalaman Anda.
Asumsi jika saya tertarik untuk membeli mobil dan saya mendapatkan informasi tentangf mobil di berbagai situs Web. Saya akan membeli mobil Toyota Innova G. Saya mengambil keputusan untuk membeli mobil itu karena berbagai faktor yang mendukung. Selain itu, saya sudah melakukan berbagai penelitian terhadap kondisi jalan dengan pribadi saya. Mobil Toyota Innova G saya rasa memiliki kenyamanan berkendara yang sangat prima, memiliki fasilitas yang baik dan bentuk body yang elegan. Harga untuk mobil jenis dan type ini pun saya rasa cukup sesuai dengan apa yang akan saya nikmati.
Pengalaman saya sampai saat ini, selama mengendarai mobil saya harus merasa nyaman dan dapat menikmati perjalanan yang saya tempuh. Saya memerlukan ruang kabin yang lebih luas dan lega. Sehingga untuk melakukan perjalanan jauh saya tidak merasa cepat lelah. Selain itu saya memerlukan cadangan bahan bakar yang besar agar saya tidak repot jika mengalami krisis bahan bakar di tempat – tempat yang jauh dari SPBU. Lalu, saya juga sering berpergian bersama keluarga dan saudara. Sehingga saya membutuhkan mobil yang besar dan memiliki tempat duduk yang lapang. Saya rasa Toyota Innova G lah yang paling cocok bagi saya.


SESSION 21-22 Topic : Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce

1)      Penelitian status 3G dan 4G layanan seluler dengan mengunjungi www.itu.int, http://4G.newstrove.com, dan www.3gnewsroom.com. Menyiapkan laporan tentang status 3G dan 4G berdasarkan temuan Anda.
Berdasar pencarian Saya mengenai 3G di www.3gnewsroom.com, adalah :
§  3G adalah Sebuah teknologi komunikasi radio yang akan membuat sebuah "pipa bit" untuk menyediakan akses mobile ke layanan berbasis internet.
Jaringan 3G : Untuk melaksanakan besar jumlah lalu lintas data dengan cepat dan efektif-biaya perbaikan radio antarmuka akan diperlukan, mampu menyediakan bandwidth yang lebih tinggi untuk sambungan lebih simulateously pengguna.
§  Aplikasi 3G : Intranet, teleworking, belanja rumah, telelearning, telebanking, mencari informasi dan pencarian, lotere serta hiburan semua layanan dapat ditawarkan oleh 3G.
§  Gambaran mengenai 3G: Akan ada beragam, dari satu-aplikasi sederhana perangkat seperti suara-hanya telepon, untuk multi-tujuan Communicators mampu menangani beberapa suara, data dan layanan video secara paralel.

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond".
Teknologi 4G adalah istilah serapan dari bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan untuk menjelaskan pengembangan teknologi telepon seluler.
Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Belum ada definisi formal untuk 4G. Bagaimanapun, terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSM, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang di operasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular. Integrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled.
Perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut:
§  Generasi pertama: hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).
§  Generasi kedua: dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT.
§  Generasi ketiga: digital, mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.
Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5 yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun).
Secara sederhana, dapat diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog / PSTN yang menggunakan seluler. Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN. Indonesia pada saat ini sebenarnya baru saja memasuki dan memulai tahap 3.5G atau yang biasa disebut sebagai HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang mampu memberikan kecepatan akses hingga 3.6 Mb/s (termasuk koneksi pita lebar (broadband connection)). Berkaitan dengan teknologi 4G, SIP adalah protokol inti dalam internet telephony[1] yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephony over Internet Protocol. Teknologi tersebut banyak di perdebatkan oleh operator, pemerintah dan DPR belakangan ini. Tidak lama lagi internet telephony akan menjadi tulang punggung utama infrastruktur telekomunikasi. Teknologi internet telephony memungkinkan pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat secara swadaya masyarakat (tanpa Bank Dunia, IMF maupun ADB) bahkan mungkin tanpa kontrol pemerintah sama sekali. Dengan teknologi SIP dalam 4G, nomor telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telepon. Bagian besarnya akan dilakukan menggunakan URL. Kita tidak lagi perlu bergantung pada nomor telepon yang dikendalikan oleh pemerintah untuk berkomunikasi via internet-telepon. Infrastruktr internet telephony memungkinkan kita untuk menyelenggarakan sendiri banyak hal tanpa tergantung lisensi pemerintah dan tidak melanggar hukum. Teknologi 4G juga akan menyebabkan kemunduran bagi teknologi Internet Network (IN) yang saat ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan berbagai provider. Hal tersebut disebabkan terbukanya jalur arus bawah yang dapat didownload dan diakses gratis dari internet.

2)      Masukkan www.packetvideo.com dan www.microsoft.com / mobile / pocketpc. Periksa demo mereka dan produk serta daftar kemampuan mereka.
www.packetvideo.com : PacketVideo Corporation atau PV adalah perusahaan yang berbasis di San Diego yang menghasilkan perangkat lunak untuk multimedia nirkabel, termasuk tampilan video pada handset mobile.
PV didirikan di San Diego, California pada tanggal 10 Agustus 1998 oleh James C. Brailean, Cheuk Chan, Osama Al-Syaikh, Gene Wen dan Mark R Banham. Pada tahun 2003 PacketVideo menjual divisi infrastruktur untuk Alcatel.
PV pelanggan meliputi mobile operator seperti Verizon Wireless, NTT DoCoMo dan Orange, produsen handset dan elektronik konsumen perusahaan. PV adalah perangkat lunak tertanam di lebih dari 249 juta perangkat di seluruh dunia dan lebih dari 248 produk yang berbeda.
Produk utama dari PV adalah:
·         CORE, yang menyediakan struktur universal untuk aplikasi multimedia mobile. CORE adalah suatu kerangka yang ditetapkan yang dapat mendukung layanan media.
·         MediaFusion, putih-label client-server aplikasi perangkat lunak untuk mengembangkan dan meluncurkan portal on-perangkat untuk layanan media yang kaya.
·         TwonkyMedia suite produk yang menghubungkan perangkat hiburan rumah.
PacketVideo telah hadir di tiga benua, dengan kantor pusatnya di San Diego.
Pusat pengembangan utama adalah di San Diego, Chicago, Chandigarh, Charlotte, Tokyo, Tampere, Berlin, Boston, dan Basel. Penjualan dan pusat dukungan pelanggan di San Diego, Chicago, Charlotte, Tokyo, Tampere, Nice, dan Basel.
PacketVideo adalah anggota forum industri dan konsorsium, termasuk Open Handset Alliance, 3rd Generation Partnership Project, Broadcast Mobile Convergence Forum, FLO Forum, International Multimedia Telekomunikasi Konsorsium, Mobile DTV Alliance, MPEG Industry Forum, Open Mobile Alliance, dan Digital Living Jaringan Aliansi.
www.microsoft.com : Microsoft Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika yang berkantor pusat publik di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, memproduksi, lisensi, dan mendukung berbagai produk dan layanan terutama yang berkaitan dengan komputasi melalui berbagai divisi produk. Didirikan pada tanggal 4 April 1975 mengembangkan dan menjual interpreter BASIC untuk Altair 8800, Microsoft naik mendominasi komputer rumah sistem operasi (OS) pasar dengan MS-DOS pada pertengahan 1980-an, diikuti oleh garis Microsoft Windows OS. Microsoft juga akan datang untuk mendominasi pasar perkantoran dengan Microsoft Office suite. Perusahaan ini telah melakukan diversifikasi dalam beberapa tahun terakhir ke dalam industri video game dengan Xbox dan penggantinya, Xbox 360 serta ke pasar elektronik konsumen dengan Zune dan Windows Telepon OS. Kenaikan berikutnya saham pada tahun 1986 penawaran umum perusahaan perdana (IPO) membuat estimasi empat miliarder dan jutawan dari 12.000 karyawan Microsoft.
Terutama pada 1990-an, kritikus berpendapat Microsoft menggunakan praktik bisnis monopoli dan strategi anti-persaingan termasuk penolakan untuk menangani dan mengikat, menempatkan pembatasan tidak masuk akal dalam penggunaan perangkat lunak, dan menggunakan taktik pemasaran misrepresentative, baik Departemen Kehakiman AS dan Komisi Eropa ditemukan perusahaan yang melanggar undang-undang antitrust. Dikenal karena prosesnya wawancara dengan pertanyaan tidak jelas, berbagai penelitian dan peringkat umumnya menguntungkan bagi keanekaragaman Microsoft dalam perusahaan serta dampak lingkungan secara keseluruhan dengan pengecualian bagian elektronik dari bisnis.
Paul Allen dan Bill Gates (masing-masing) pada tanggal 19 Oktober 1981 di lautan PC setelah menandatangani kontrak penting. IBM bernama Microsoft pada bulan Juli 1980 menanyakan tentang bahasa pemrograman untuk jalur PC yang akan datang; setelah negosiasi gagal dengan perusahaan lain, IBM memberikan Microsoft kontrak untuk mengembangkan OS untuk saluran baru dari PC.
Microsoft menugaskan perusahaan riset untuk melakukan penelitian independen membandingkan total biaya kepemilikan (TCO) Windows Server 2003 ke Linux, perusahaan menyimpulkan bahwa perusahaan-perusahaan menemukan Windows lebih mudah untuk Administrasi dari Linux, sehingga mereka menggunakan Windows akan mengadministrasikan lebih cepat mengakibatkan biaya yang lebih rendah untuk mereka perusahaan (yaitu TCO yang lebih rendah). Hal ini memacu gelombang studi terkait; studi oleh Yankee Group menyimpulkan bahwa upgrade dari satu versi Windows Server lain biaya sebagian kecil dari biaya beralih dari Windows Server ke Linux, walaupun perusahaan yang disurvei mencatat meningkatkan keamanan dan keandalan server Linux dan kekhawatiran tentang menjadi terkunci dalam menggunakan produk Microsoft. Studi lain, yang dirilis oleh OSDL, mengklaim bahwa studi Microsoft adalah "hanya ketinggalan zaman dan satu-sisi" dan survei mereka menyimpulkan bahwa TCO Linux lebih rendah karena administrator server Linux mengelola lebih lanjut tentang alasan rata-rata dan lainnya.
Sebagai bagian dari "Dapatkan Fakta" kampanye menyoroti Microsoft NET platform. Perdagangan yang telah dikembangkan dalam kemitraan dengan Accenture untuk Bursa Efek London, mengklaim bahwa itu memberikan "lima sembilan" kehandalan. Setelah menderita downtime diperpanjang dan tidak dapat diandalkan LSE mengumumkan pada 2009 bahwa ia berencana untuk drop solusi Microsoft dan beralih ke yang berbasis Linux pada tahun 2010.
Microsoft mengadopsi apa yang disebut "Pac-Man dengan", dirancang oleh Scott Baker, pada tahun 1987. Baker menyatakan "Logo baru, dalam jenis huruf Helvetica miring, memiliki garis miring antara o dan s untuk menekankan" lunak "bagian dari nama dan menyampaikan gerak dan kecepatan." Dave Norris berlari kampanye lelucon internal untuk menyimpan logo lama, yang hijau, dalam huruf besar semua, dan menampilkan huruf O fantastis, dijuluki blibbet, tapi itu dibuang. Microsoft logo dengan "potensial Anda gairah kami.." tagline di bawah nama perusahaan utama, didasarkan pada slogan Microsoft yang digunakan pada tahun 2008. Pada tahun 2002, perusahaan mulai menggunakan logo di Amerika Serikat dan akhirnya memulai kampanye TV dengan slogan, berubah dari tagline sebelumnya "Di mana Anda ingin pergi hari ini?". Selama konferensi (Microsoft Global Exchange) swasta MGX pada tahun 2010, Microsoft meluncurkan tagline berikutnya perusahaan, "Be What's Next.", Serta logo baru yang dijadwalkan untuk digunakan di masa depan.


SESSION 23-24 Topic : Managerial Support Systems

  1. Apa perbedaan antara kemampuan manajer untuk menelusuri informasi secara instant berdasarkan permintaan dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen (Management Information System) dan dengan kemampuan yang disediakan oleh Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) ?
§  Sistem informasi manajemen: pengimplementasian PSSI yang meliputi sumber daya finansial yang cukup, tersedianya infrastuktur yang memadai serta tersedianya SDM yang kompeten. Peran dari SIM adalah untuk memaksimalkan hasil investasi pada bidang IT. SIM lebih menerapkan IT dalam dunia bisnis untuk menentukan strategi perusahaan dengan cara yang paling efektif. Salah satunya adalah meningkatkan performa bisnis. SIM juga memnafaatkan Fitur SunFish ERP salah satunya yang menyediakan kemampuannya dengan memastikan waktu yang tersingkat dan akurasi data yang tinggi melalui interface dari berbagai sumber data, dan mengolahnya sesuai permintaan

§  Sistem Pendukung pengambilan keputusan: Tujuannya adalah untuk membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur, Mendukung manajer dalam mengambil keputusan & Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi pengambilan keputusan. Keputusan diambil berdasarkan tujuan & cara kita untuk tetap mendukung penelurusuran informasi secara instant karena keputusan tersebut di buat untuk perencanaan bisnis & pencarian informasi yang mudah. SPK juga menyediakan prosedur-prosedur khusus dan pemodelan yang unik yang akan membantu manajar dalam membantu alternative keputusan.

  1. Apa saja batasan dan bahaya yang Saudara lihat dalam penggunaan teknologi Artificial Intelligence seperti sistem pakar, realitas virtual, dan agen yang cerdas ? Apa ya dapat dilakukan untuk meminimalkan pengaruh-pengaruh tersebut ?
§  Robot pembantu yang meningkatkan pengangguran karena tidak membutuhkan tenaga ahli.
§  Penggunaan computer dengan maksud yang jahat. Misalnya hacker, penerbitan ponografi, pembajakan CD & software, & pemalsuan hak cipta.
§  Headset yang menimbulkan hilangnya pendengaran bila di pakai terus menerus.
§  Pemakaian hp mengakibatkan orang menjadi pelupa & kehilangan konsentrasi saat mengendarai mobil serta untuk terror & penipuan berhadiah yang terkenal saat ini.
§  Pemakaian televise berteknologi canggih untuk penipuan dalam informasi, seperti program sekolah gratis.
Upayanya adalah dengan di tegakannya badan hukum yang berperan besar dalam mengatasi perkara-perkara ini, yaitu di berlakukannya hak paten & undang-undang. Upaya lainnya adalah memastikan bahwa kita memakai teknologi sesuai dengan tujuan & keperluannya, bukan untuk merusak.Kesadaran diri dalam penggunaan IT & pelatihan keterampilan penggunaan teknologi juga di perlukan.
Misalnya: penggunaan computer harus di lakukan dengan tujuan pembuatan program & aplikasi yang di harapkan, penggunaan hp di lakukan seperlunya aja pada saat tidak melakukan aktivitas atau sekedar untuk mencari informasi serta penggunaan kamera canggih untuk pengambilan gambar sebagai informasi mengenai kejahatan, tempat bersejarah, ataupun keindahan alam.

  1. Asumsikan perusahaan Anda sedang mempertimbangkan membuka pabrik baru di Cina. Daftar beberapa kegiatan khas di setiap tahap keputusan (kecerdasan, desain, pilihan dan implementasi).
Misalkan saya ingin membuka PT NOKIA. Hal yang paling utama adalah terampil dalam mempelajari bahasa & budaya china. Kebudayaan itu meliputi cara berbicara & berpakaian yang rapi. Kebudayaan itu penting bagi kita karena itu mendukung kita untuk terbiasa dalam melayani pelanggan dengan baik & enak di lihat. Untuk bangunannya, di tempat yang cukup strategis namun tidak perlu terlalu besar & fasilitas yang memadai bagi pelanggan seperti tempat duduk, nomor antrian, AC, pelayanan yang ramah, aksesoris hp yg menarik & terkenal, orang yang terampil dalam menerangkan merk hp tersebut, layanan service, dll.Pelaksanaan dalam pekerjaan perlu di sesuaikan dengan nama & daftar karyawan yang akan bekerja pada waktu yang di tentukan. Sedangkan dalam pembuatan informasi melalui website, di perlukan dengan keterangan mengenai tempat, waktu, jenis hp yang di perdagangkan, dan fitur & harga dari masing-masing hp. Sedangkan dalam pembuatan kartu, hanya di perlukan alamat, nomor telepon, & nama perusahaan saja. Brosur juga berperan sebagai informasi bagi pelanggan agar pelanggan tersebut minat untuk membeli. Spesifikasi pada brosur berdasarkan nama alamat, nomor telepon, harga handphone & masing-masing handphone, website, dan lain-lain.


SESSION 25 Topic : Acquiring IT Applications

  1. Mengapa pembuatan prototype menjadi cara yang popular untuk mengembangkan aplikasi bisnis ? Apa keuntungan dan kerugian pembuatan prototype ?
Prototype adalah suatu contoh bentuk nyata dari bentuk aslinya.
Prototype diguanakan untuk mempermudah membangan suatu sistem dan menganalisis sistem tersebut.
contoh dalam membangun sebuah sistem pada rumah sakit,perlunya metode-metode yang digunakan untuk membangun sistem tersebut.

METODE PROTOTYPE PERTAMA
1.       Mengidentifikasi Kebutuhan pemakai
Analist sistem melakukan studi kelayakan dan studi terhadap kebutuhan user, yang meliputi model interface, teknik prosedural maupun teknologi yang digunakan.
2.       Mengembangkan Prototpe
Analist sistem bekerja sama dengan programer mengembangkan prototype sistem untuk memperlihatkan kepada manajer rumah sakit pemodelan yang akan dibangun.
3.       Menentukan prototype
Analist sistem mendeteksi dan mengidentifikasi sejauh mana pemodelan yang dibuat sesuai dengan harapan user termasuk perbaikan-perbaikan yang diinginkan atau bahkan harus merombak secara keseluruhan.
4.       Penggunaan Prototype
Analist sistem akan menyerahkan kepada programmer untuk mengimplementasikan model yang disetujui menjadi suatu sistem.

METODE PROTOTYPE KEDUA
5.       Menguji sistem operasional
Programer akan melakukan ujicoba dengan data primer maupun sekunder untuk memastikan bahwa sistem dapat berlangsung dengan baik dan benar.
6.       Menentukan sistem Operasional
Pada tahap ini sudah mulai negosiasi tentang sistem, apakah diterima atau tidak, perlu dirombak atau diteruskan.
7.        “Implementasi”
Metode prototype ini cocok di gunakan untuk pengembangan skala kecil karena kurang rincinya tahapan yang dilalui dan kurangnya proses dokumentasi.

Keuntungan yang diperoleh dengan metode ini:
§  Terjadi komunikasi aktif antara analist , programer, user dan manajer RS
§  User ikut terlibat secara aktif dan partisipatif dalam menentukan model sistem yang digunakan, dengan kata lain “Sistem dengan perspektif pemakai”.
§  Dengan metode ini meningkatkan kepuasan user karena harapan dan keinginan dapat terimplementasi dengan baik, sementara biaya pengembangan sistem menjadi lebih hemat.

Kerugian yang dapat terjadi
§  Kurangnya dokumentasi sehingga bila terjadi kesalahan cukup sulit untuk memperbaikinya.
§  User dalam perjalanan pembangunan sistem mengembangkan ide-ide dan gagasannya sehingga kadang menjadi sangat luas dan sulit untuk diimplementasikan.

  1. Anggaplah bahwa dalam minggu pertama bekerja, Saudara diminta untuk menggunakan software bisnis yang belum pernah Saudara pergunakan. Pelatihan apa yang seharusnya disediakan oleh perusahaan sebelum Saudara mulai bekerja ?
Software bisnis merupakan sebuah program perangkat lunak yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan bisnis, untuk meningkatkan atau mengukur produktivitas sebuah bisnis. Software bisnis adalah perangkat lunak yang dibuat khusus untuk tujuan bisnis tertentu seperti sistem tiket kereta api dan pesawat terbang, penagihan dan sistem kontrol persediaan untuk departemen store dll. Software bisnis banyak sekali macamnya yang dapat disesuaikan dengan kegiatan bisnis itu sendiri: seperti transaksi tunai, penerimaan, pengeluaran, pengembalian, penolakan, bunga, dan penyusutan, yang memerlukan laporan akhir, laporan laba rugi, neraca dll.
Sebuah mesin komputer dan software bisnis saling bergantung, teknologi dan komputer akan terus berkembang lebih maju dengan setiap penambahan perangkat lunak baru. Pada saat ini, badan usaha kecil pun cenderung menggunakan software untuk usaha kecil agar mudah digunakan dan siap untuk menggunakan fitur ini. Kebanyakan software bisnis menggunakan sistem plug and play agar dapat digunakan oleh seseorang yang masih awam sekalipun. Dan untuk perhitungan yang rumit, pemrograman yang membosankan dan pelatihan teknis khusus, dengan mempelajari software bisnis sangat membantu sekali proses pekerjaan dari suatu perusahaan. Perusahaan IT di sisi lain kadang-kadang menggunakan software bisnis untuk tujuan pelatihan, seperti transkripsi medis teknologi modern.
Pasar software bisnis merupakan industri miliaran dolar pada saat ini dan setiap orang dengan pengetahuan tentang system logis bisa membuat pendapatan sendiri dengan sangat mudah. Software bisnis telah memperoleh posisi penting dalam perekonomian negara-negara maju dan negara berkembang. BPO sektor bisnis yang luas menyediakan solusi perangkat lunak untuk berbagai perusahaan multinasional dan perusahaan domestik.
Pasar software usaha kecil di seluruh dunia dan telah mendominasi sebagian besar pasar software dalam beberapa kali. Software bisnis kecil dapat mencakup permainan dan software game, software audio-visual, software akuntansi dll. Software spreadsheet elektronik, software solusi bisnis, telah terbukti berhasil dalam penggunaan mikrokomputer luas.
Ada software standar yang tersedia untuk bisnis seperti Microsoft Excel, Word, Access, Outlook dan lain-lain, yang memenuhi kebutuhan harian sebagian besar perusahaan. Tapi software bisnis tradisional memiliki banyak keuntungan dibandingkan software bisnis standar. Software bisnis Custom telah menyesuaikan fungsi dan fitur yang dibutuhkan oleh pelanggan, turunan huruf otomatis, pengiriman email otomatis, pengingat batas waktu, penerimaan cetak dan faktur, pelacakan pelanggan dan pesanan. Banyak software bisnis menggunakan metode penelitian operasional dan algoritma untuk pengoptimalan pemanfaatan sumber daya, memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan biaya. Bisnis perangkat lunak memiliki potensi untuk memaksimalkan efisiensi usaha, sistematisasi cara bisnis yang dilakukan dan menjaga bisnis di bawah kontrol.

  1. Apa perbedaan antara konversi Sistem Informasi dengan cara paralel (parallel), langsung (direct), bertahap (phase) dan percontohan (pilot)? Strategi manakah yang terbaik ? Jelaskan alasan Saudara !
A.      Konversi Langsung (Direct Conversion/Plunge Strategy)
Konversi ini dilakukan dengan cara menghentikan sistem lama dan menggantikannya dengan sistem baru. Cara ini merupakan yang paling berisiko, tetapi murah. Konversi langsung adalah pengimplementasian sistem baru dan pemutusan jembatan sistem lama, sehingga apabila konversi telah dilakukan, maka tak ada cara untuk balik ke sistem lama. Pendekatan sesuai untuk kondisi-kondisi sebagai berikut:
1.       Sistem tersebut tidak mengganti sistem lain.
2.       Sistem yang lama sepenuhnya tidak bernilai.
3.       Sistem yang barn bersifat kecil atau sederhana atau keduanya.
4.       Rancangan sistem baru sangat berbeda dari sistem lama, dan perbandingan antara sistem – sistem tersebut tidak berarti.
Keunggulan                :   Relatif tidak mahal.
Kelemahan : Mempunyai risiko kegagalan yang tinggi. Berikut merupakan ilustrasi konversi langsung.
                     http://sasmoyo.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2010/07/1-300x107.jpg

B.      Konversi Paralel (Parallel Conversion)
Pada konversi ini, sistem baru dan sistem lama sama-sama dijalankan. Setelah melalui masa tertentu, jika sistem baru telah bisa diterima untuk menggantikan sistem lama, maka sistem lama segera dihentikan. Cara seperti ini merupakan pendekatan yang paling aman, tetapi merupakan cara yang paling mahal, karena pemakai harus menjalankan dua system sekaligus. Konversi Paralel adalah suatu pendekatan dimana baik sistem lama dan baru beroperasi secara serentak untuk beberapa période waktu. Dalam mode konversi paralel, output dari masing-masing system tersebut dibandingkan, dan perbedaannya direkonsiliasi.
Kelebihan   : Memberikan derajat proteksi yang tinggi kepada organisasi dari kegagalan sistem baru.
Kelemahan : Besarnya biaya untuk duplikasian fasilitas dan biaya personel yang memelihara sistem rangkap tersebut, karena ketika proses konversi suatu sistem baru melibatkan operasi paralel, maka orang-orang pengembangan sistem harus merencanakan untuk melakukan peninjauan berkala dengan personel operasi dan pemakai.
                       http://sasmoyo.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2010/07/2-300x107.jpg

C.      Konversi Bertahap (Phased Conversion)
Konversi bertahap dilakukan dengan menggantikan suatu bagian dari sistem lama dengan sistem baru. Jika terjadi sesuatu, bagian yang baru tersebut akan diganti kembali dengan yang lama. Jika tak terjadi masalah, modul-modul baru akan dipasangkan lagi untuk mengganti modul-modul lama yang lain. Dengan pendekatan seperti ini, akhirnya semua sistem lama akan tergantikan oleh sistem baru. Cara seperti ini lebih aman daripada konversi langsung. Dengan metode phased conversion, sistem baru diimplementasikan beberapa kali, dan secara perlahan menggantikan sistem lama. Konversi bertahap dapat menghindarkan risiko yang ditimbulkan oleh konversi langsung dan memberikan waktu yang banyak kepada pemakai untuk beradaptasi terhadap perubahan. Untuk menggunakan metode phased conversion, sistem harus disegmentasi.
Kelebihan   : Kecepatan perubahan dalam organisasi tertentu bisa diminimasi, dan sumber-sumber pemrosesan data dapat diperoleh sedikit demi sedikit selama période waktu yang luas.
Kelemahan : Keperluan biaya yang harus diadakan untuk mengembangkan interface temporer dengan sistem lama, daya terapnya terbatas, dan terjadi kemunduran semangat di organisasi, sebab orang-orang tidak pernah merasa menyelesaikan sistem.
                      http://sasmoyo.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2010/07/3-300x107.jpg
Keterangan gambar
·         Sistem baru diimplementasi beberapa kali, sedikit demi sedikit untuk menggantikan sistem yang lama
·         Sistem harus disegmentasi
·         Perlu biaya tambahan untuk mengembangkan interface temporer dengan sistem lama.
·         Daya terapnya terbatas, proses implementasi membutuhkan waktu yang panjang.

D.      Konversi Pilot (Pilot Conversion)
Pendekatan ini dilakukan dengan cara menerapkan sistem baru hanya pada lokasi tertentu yang diperlakukan sebagai pelopor. Jika konversi ini dianggap berhasil, maka akan diperluas ke tempat-tempat yang lain. Ini merupakan pendekatan dengan biaya dan risiko yang rendah. Dengan metode Konversi Pilot, hanya sebagian dari organisasilah yang mencoba mengembangkan sistem baru. Kalau metode phase-in mensegmentasi sistem, sedangkan metode pilot mensegmentasi organisasi.
                    http://sasmoyo.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2010/07/4-300x107.jpg
Keterangan gambar
·         Perlunya segmentasi organisasi.
·         Resiko lebih rendah dibandingkan metode konversi langsung.
·         Biaya lebih rendah dibandingkan metode parallel.
·         Cocok digunakan apabila adanya perubahan prosedur, H/W dan S/W.


  1. Sebutkan tiga faktor yang paling penting yang dapat Saudara gunakan untuk mengevaluasi hardware komputer ? Software komputer ? Jelaskan alasan Saudara !
Sebagai  contoh,  MFEP  akan  digunakan  dalam  memilih  sebuah  computer.  Dalam  penerapan MFEP  yang  harus  dilakukan  pertaman  kali  adalah  penentuan  factor-faktor  yang  dianggap penting dalam pemilihan komputer yang diperlukan. Dalam contoh ini ditetapkan bahwa factor- faktor  tersebut  adalah  hardware,  software  dan  dukungan vendor.  Langkah  selanjutnya  adalah pembandingan factor-faktor tersebut untuk mendapatkan faktor mana yang paling penting, kedua terpenting, dan seterusnya. Dalam contoh computer ini ditentukan bahwa software adalah factor terpenting, diurutan kedua adalah dukungan vendor dan yang terakhir hardware. Langkah  selanjutnya  adalah memberikan  pembobotan  kepada  factor-faktor  yang  digunakan dimana total pembobotan harus sama dengan 1 (∑ pembobotan = 1). Misalnya nilai bobot ditentukan sebagai berikut, 0,60 untuk software, 0,25 untuk vendor support dan 0,15 untuk hardware (table 1).

Tabel 1. Nilai Bobot Untuk Faktor
Faktor
Nilai Bobot
Hardware
0,15
Software
0,60
Dukungan Vendor
0,25









Setelah  dilakukan  pembobotan,  ditetapkan  ada  3  merek  komputer  yang  akan ditimbang,  yaitu KOM1,  KOM2  dan  KOM3.  Selanjutnya  KOM1,  KOM2  dan  KOM3 dievaluasi  dan  diberikan nilai bobot untuk setiap kriterianya seperti tercantum dalam table

Tabel 2. Evaluasi Faktor
Faktor
KOM1
KOM2
KOM3
Hardware
6
3
2
Software
2
5
8
Dukungan Vendor
5
4
5

Dengan  adanya  informasi  tersebut  diatas,  didapat  jumlah  total  nilai  evaluasi  untuk setiap alternatif atau komputer. Setiap komputer mempunyai sebuah nilai evaluasi bagi ketiga factor-faktor yang  menjadi  pertimbangannya,  dan  kemudian  nilai  faktor  tersebut dikalikan  dengan faktor evaluasi dan dijumlahkan untuk mendapatkan total nilai evaluasi untuk setiap komputer. Seperti yang dapat dilihat pada Table 3, dimana KOM1 memiliki nilai evaluasi total 3,35. Dari table 4 didapat bahwa KOM2 memiliki nilai evaluasi total 4,45. Dari perhitungan table 5 didapat nilai KOM3 adalah 6,35.

Metode   MFEP   menentukan   bahwa   alternatif   dengan   nilai   tertinggi   adalah   solusi  terbaik berdasarkan kriteria yang telah dipilih, dalam contoh yang digunkan hasil adalah KOM3.

Tabel 3. Evaluasi Untuk KOM1
Faktor
Bobot
Faktor

Evaluasi
Faktor

Bobot Evaluasi
Hardware
0,15
X
6
=
0,9
Software
0,60
X
2
=
1,2
Dukungan
Vendor
0,25
X
5
=
1,25






Total
1



3,35

Tabel 4. Evaluasi Untuk KOM2
Faktor
Bobot
Faktor

Evaluasi
Faktor

Bobot Evaluasi
Hardware
0,15
X
3
=
0,45
Software
0,60
X
5
=
3
Dukungan
Vendor
0,25
X
4
=
1
Total
1



4,45

Tabel 5. Evaluasi Untuk KOM3
Faktor
Bobot
Faktor

Evaluasi
Faktor

Bobot Evaluasi
Hardware
0,15
X
2
=
0,3
Software
0,60
X
8
=
4,8
Dukungan
Vendor
0,25
X
5
=
1,25
Total
1



6,35


  1. Pilih tugas bisnis yang ingin Saudara komputerisasikan. Pergunakan langkah-langkah yang terdapat di System Development Life Cycle (SDLC) !
SDLC adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi. Langkah yang digunakan meliputi :

a)      Melakukan survei dan menilai kelayakan proyek pengembangan sistem informasi.
b)      Mempelajari dan menganalisis sistem informasi yang sedang berjalan.
c)       Menentukan permintaan pemakai sistem informasi.
d)      Memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik.
e)      Menentukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
f)       Merancang sistem informasi baru.
g)      Membangun sistem informasi baru.
h)      Mengkomunikasikan dan mengimplementasikan sistem informasi baru.
i)        Memelihara dan melakukan perbaikan/peningkatan sistem informasi baru bila diperlukan.

System Development Lyfe Cycle (SDLC) adalah keseluruhan proses dalam membangun sistem melalui beberapa langkah. Ada beberapa model SDLC. Model yang cukup populer dan banyak digunakan adalah waterfall. Beberapa model lain SDLC misalnya fountain, spiral, rapid, prototyping, incremental, build & fix, dan synchronize & stabilize.

Dengan siklus SDLC, proses membangun sistem dibagi menjadi beberapa langkah dan pada sistem yang besar, masing-masing langkah dikerjakan oleh tim yang berbeda.

Dalam sebuah siklus SDLC, terdapat enam langkah. Jumlah langkah SDLC pada referensi lain mungkin berbeda, namun secara umum adalah sama. Langkah tersebut adalah :

1)      Analisis sistem, yaitu membuat analisis aliran kerja manajemen yang sedang berjalan
2)      Spesifikasi kebutuhan sistem, yaitu melakukan perincian mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem dan membuat perencanaan yang berkaitan dengan proyek sistem
3)      Perancangan sistem, yaitu membuat desain aliran kerja manajemen dan desain pemrograman yang diperlukan untuk pengembangan sistem informasi
4)      Pengembangan sistem, yaitu tahap pengembangan sistem informasi dengan menulis program yang diperlukan
5)      Pengujian sistem, yaitu melakukan pengujian terhadap sistem yang telah dibuat
6)      Implementasi dan pemeliharaan sistem, yaitu menerapkan dan memelihara sistem yang telah dibuat

Siklus SDLC dijalankan secara berurutan, mulai dari langkah pertama hingga langkah keenam. Setiap langkah yang telah selesai harus dikaji ulang, kadang-kadang bersama expert user, terutama dalam langkah spesifikasi kebutuhan dan perancangan sistem untuk memastikan bahwa langkah telah dikerjakan dengan benar dan sesuai harapan. Jika tidak maka langkah tersebut perlu diulangi lagi atau kembali ke langkah sebelumnya.
Kaji ulang yang dimaksud adalah pengujian yang sifatnya quality control, sedangkan pengujian di langkah kelima bersifat quality assurance. Quality control dilakukan oleh personal internal tim untuk membangun kualitas, sedangkan quality assurance dilakukan oleh orang di luar tim untuk menguji kualitas sistem. Semua langkah dalam siklus harus terdokumentasi. Dokumentasi yang baik akan mempermudah pemeliharaan dan peningkatan fungsi sistem.

  1. Sebagai kelompok, merancang suatu sistem informasi untuk bisnis start-up pilihan Anda. Jelaskan yang Anda pilih metodologi pengembangan sistem, dan membenarkan pilihan Anda dari perangkat keras, perangkat lunak, dukungan telekomunikasi, dan aspek lain dari sistem yang diusulkan.

Chesbrough dan Rosenbloom menggambarkan pentingnya model bisnis dengan studi kasus dini hari Xerox Corporation dalam bisnis mesin fotokopi dengan perusahaan mesin fotokopi Xerox Model 914. (Sebelum mengubah nama menjadi Xerox Corporation, perusahaan ini dikenal sebagai Perusahaan haloid dan kemudian haloid Xerox Inc).
Model 914 digunakan proses electrophotography relatif baru, yang merupakan proses kering yang menghindari penggunaan bahan kimia basah.
Dalam mencari mitra pemasaran yang potensial, haloid berulang kali ditolak oleh orang-orang seperti Kodak, GE, dan IBM, yang telah menyimpulkan bahwa tidak ada masa depan dalam teknologi seperti yang terlihat melalui lensa model bisnis, maka-lazim.
Sedangkan untuk teknologi lebih unggul dengan metode menyalin sebelumnya, biaya mesin itu enam sampai tujuh kali lebih mahal daripada teknologi alternatif. Model menjual peralatan di bawah biaya dan yang membentuk perbedaan dengan margin yang besar dalam penjualan pasokan tidak layak karena biaya persediaan adalah tentang sama dengan alternatif, sehingga ada sedikit ruang untuk manuver.
Xerox kemudian memutuskan untuk memasarkan produk baru itu sendiri dan mengembangkan sebuah model bisnis baru untuk melakukannya. Model baru disewakan peralatan kepada pelanggan dengan biaya yang relatif rendah dan kemudian dikenakan biaya per copy untuk salinan lebih dari 2000 eksemplar per bulan.
Pada saat itu, mesin fotokopi bisnis rata-rata menghasilkan rata-rata hanya 15-20 eksemplar per hari. Untuk model ini akan menguntungkan Xerox, penggunaan salinan harus meningkat secara substansial. Untungnya untuk Xerox, kualitas dan kenyamanan teknologi salinan baru membuktikan diri dan perusahaan mulai membuat ribuan eksemplar per hari.
Sebagai hasilnya, Xerox berkelanjutan tingkat pertumbuhan tahunan 41% selama periode 12 tahun. Tanpa model bisnis ini, Xerox mungkin belum berhasil dalam mengkomersilkan inovasi.


SESSION 26 Topic : Overall Course Review and Final Assignment Presentation

1)      Apakah kasus yang diambil dari buku "Pengantar Sistem Informasi”, Turban, halaman 313, TI Tentang Bisnis "New FBI System Fails".
a.       Ya. Saya mengusulkan bahwa FBI pelu lebih menyelaraskan pada dirinya & kontraktor & persyaratan perlu lebih di perjelas melalui intisari. Dalam pengembangan virtual case, perlu di lakukan perencanaan yang sangat matang untuk bersedia mengeluarkan modal besar demi kesuksesan Virtual case sebab bukan masalah harga, namun FBI perlu memperhitungkan kualitasnya. Oleh karena itu, FBI harus secara selektif menentukan bagaimana system Virtual case dapat berkembang berdasarkan kualitasnya. Hal yang terpenting adalah, selain metode kecepatan dalam mencari informasi, di butuhkan pula ketepatan,kecocokan, kejelasan, & kelengkapan yang lebih rinci informasi yang di butuhkan.

b.      Pertama-tama adalah membeli paket periklanan untuk meneliti & melihat secara detail kekurangannya & kelebihan dari periklanan. Kemudian meniru suatu informasi lebih baik & mengusahakan cara-cara membuat informasi lebih baik. Selanjutnya adalah perancangan mengembangkan berita dengan informasi yang lebih akurat & terpecaya di tambah dengan kasusnya yang menarik


2)      Apakah kasus yang diambil dari buku "Pengantar Sistem Informasi”, Turban, halaman 332-333, "Canada Has Trouble Developing a System".
a.       Kualitatif: P&G mengakui bahwa P&G adalah sebuah tandingan budaya, tapi baru memeperbesar kontrak penyumberan keluar (outsourcing).Untuk menolong HP, itu melaksanakan sistem “two in a box”. Susunan ini memasangkan sebuah manajer HP dengan rekan P&G untuk mengurus transisi di bidang – bidang seperti akal-akal manusia, IT, dan infrastruktur.

b.      Kuantitatif: 3 miliar P&G persetujuan outsourcing layanan teknologi dengan pakar Hewlett berarrti bahwa HP harus menampung pusat data di Cincinnati, singapura, dan Brussels, bersama-sama dengan infrastruktur jaringan P&G & 2000 karyawan P&G. Dengan kontrak halaman 1000 & kira-kira 3700 tugas untuk penyerahan, perusahaan mengadopsi “di mana & sebagai” strategi yang mana HP mula-mula baru memungut operasi teknologinya P&G & pekerja pada buku – bukunya.

c.       Solusi HP dikombinasikan dengan Teman-inovasi HP dan komitmen terhadap pelayanan prima, menyediakan fleksibel. Infrastruktur mereka perlu terus berinovasi dan mengembangkan usaha. Kesepakatan Procter & Gamble outsourcing dengan Hewlett,Pakar telah menggunakan pendekatan, stabil tanpa embel-embel untuk membuat infrastruktur teknologi raksasa produk konsumen lebih efisien. Tidak ada restrukturisasi utama layanan atau keluar staf gerbang. Tidak ada implementasi tinggi biaya layanan baru atau perangkat lunak. Dan, khususnya gangguan, tidak ada atau degradasi teknologi untuk mendukung call center dan untuk mengelola jaringan tersebut.

·         Business Process Outsourcing adalah salah satu bentuk yang lebih populer dari solusi outsourcing . BPO berkaitan dengan outsourcing fungsi bisnis tertentu seperti hubungan pelanggan, dukungan teknis dan fungsi manajerial yang sama.

·         Operasional Process outsourcing mengacu pada outsourcing atas jasa produksi dan manufaktur. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan terutama berbasis di AS, outsourcing operasi mereka sering lepas pantai untuk menghindari biaya produksi yang lebih tinggi dan tenaga kerja. Selain itu, perusahaan – perusahaan tersebut mencari pasar di mana gaji dan upah lebih rendah. Oleh karena itu, negara-negara tersebut termasuk Cina dan negara-negara Asia lainnya.

Application service provider (ASP) adalah sebuah bisnis yang menyediakan jasa aplikasi melalui jaringan (network). Aplikasi yang ditawarkan dengan model ASP juga dikenal sebagai on-demand software atau software as a service.Kebutuhan terhadap jasa aplikasi dengan model ASP telah meningkat secara drastis dalam beberapa tahun terakhir karena harga produk dan biaya implementasi perangkat lunak aplikasi telah meningkat sangat jauh di atas kemampuan perusahaan skala menengah dan kecil. Vendor yang menyediakan jasa ASP tersebut biasanya memiliki, mengoperasikan, danmemelihara perangkat lunak aplikasi beserta server-nya, jasa . aplikasi di-deliver melalui Internet dan klien hanya membayar modul aplikasi yang diperlukan per bulan.
Keuntungan menggunakan jasa ASP adalah :
§  Biaya penyediaan jasa aplikasi beserta semua biaya yang terkait dengan pemeliharaan dan integrasi aplikasi bisa dibebankan kepada vendor.
§  Klien hanya membayar modul aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan mendapatkan jaminan service level tertentu melalui service level agreement (SLA) dengan vendor ASP.
§  Sistem perangkat lunak kunci yang selalu up to date, tersedia, dan dikelola untuk kinerja oleh para ahli.
§  Peningkatan keandalan, ketersediaan, skalabilitas dan keamanan sistem internal TI.
Kelemahan menggunakan jasa ASP adalah :
§  Klien umumnya harus menerima permohonan sebagaimana dibentuk karena ASP hanya dapat membeli solusi khusus untuk klien terbesar.
§  Klien dapat mengandalkan pada penyedia untuk menyediakan fungsi bisnis yang kritis, sehingga membatasi fungsi kontrol mereka itu dan bukan mengandalkan pada penyedia.
§  Perubahan di pasar ASP dapat mengakibatkan perubahan dalam jenis atau tingkat pelayanan tersedia bagi klien.
§  Integrasi dengan klien non-ASP sistem yang mungkin akan bermasalah.
§  kegagalan untuk memperhitungkan masa depan keuangan ASP secara umum, yaitu seberapa stabil suatu perusahaan dan jika memiliki sumber daya untuk melanjutkan usaha ke masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar